Connect with us

Bisnis

Sambut Mudik Lebaran, Pertamina Sediakan Pembelian BBM Self Service Non Tunai

JARRAK.ID

Published

on

Manjakan Pemudik Lebaran, Pertamina Sediakan BBM Self Service Non-Tunai (Foto: Istimewa)

JAKARTA – JARRAK.ID – PT Pertamina Persero menyiapkan sejumlah SPBU dengan metode pelayanan mandiri (self service) menyambut mudik Lebaran 2018. Adapun sekam pembelian bahan bakar di SPBU ini menggunakan pembayaran non-tunai (cashless) atau non-tunai.

Aplikasi yang menunjang pembayaran self service itu adalah T-cash milik Telkomsel. Salah satu SPBU yang menerapkan pelayanan mandiri di rest area atau tempat istirahat kilometer 57, Cikampek, Jawa Barat.

Direktur Pemasaran Retail Pertamina, Mas’ud Khamid mengatakan, aplikasi digital di SPBU sangat mendukung proses transaksi zaman sekarang. Sehingga akan memberikan kemudahan kepada konsumen.

“Konsumen bisa mempercepat transaksinya di SPBU dan berdampak pada berkurangnya antrian kendaraan,” ujar Mas’ud di Rest Area kilometer 57, Cikampek, Sabtu, (02/06/2018).

Dengan pembayaran non tunai, dirinya yakin lebih efektif karena hanya dilakukan dalam hitungan detik. Bahkan bagi konsumen yang menggunakan aplikasi T-cash untuk membeli BBM jenis Pertamax dapat cashback sebesar 10%.

“Layanan T-cash kami hadirkan dalam upaya mempercepat pengembangan konsep smart payment sekaligus merupakan wujud dukungan dalam membangun gerakan nasional non-tunai yang dicanangkan pemerintah,” kata Mas’ud.

Tersedia di 57 SPBU

Saat ini, layanan cashless melalui T-Cash sudah tersedia pada 57 SPBU di Indonesia. Sedangkan, SPBU self service dapat ditemui di 65 SPBU.

Menteri ESDM Ignatius Jonan, meninjau langsung penerapan self service dengan pembayaran non-tunai di SPBU Pertamina di Cikampek itu.

“Dengan proses seperti ini komplain yang katanya operatornya “cetek-cetek” (memainkan nozzle), kembalian kurang, itu berkurang,” ujar Marketing Branch Manager Pertamina Jawa Barat, Mohamad Resa, saat memberi penjelasan kepada Jonan.

Baca Juga:  Akuisisi Pertagas oleh PGN, Analis: Seharusnya Tak Perlu Keluarkan Uang

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer