Connect with us

Politik

Sambangi Said Aqil, Kiai NU Se Indonesia Titip Pesan Agar Cak Imin Jadi Cawapres Jokowi

JARRAK.ID

Published

on

Perwakilan Kiai se-Indonesia saat menemui Ketua PBNU, KH Said Aqil Siradj untuk menyampaikan misi politik guna menjadikan A Muhaimin Iskandar sebagai cawapres Jokowi (Foto: Istimewa)

JAKARTA – JARRAK.ID – Sejumlah perwakilan para ulama dan kiai dari kalangan NU se Indonesia menggeruduk kantor PBNU pada Sabtu, (04/08/2018) malam kemarin. Kedatangan para kiai tersebut selain ingin sowan dan bertemu dengan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj mereka juga membawa sebuah misi politik.

Para kiai NU yang hadir menemui Said tersebut mengusulkan kepada Said agar pada Pilpres 2019 mendatang Jokowi bersedia menggandeng Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai Cawapres.

“Malam hari ini PBNU melalui ketua umum PBNU menerima aspirasi usulan dari para kiai, pemangku pesantren dari seluruh Indonesia, beliau-beliau ini menyampaikan aspirasi yang berkembang dari masyarakat di bawah, yaitu mengusulkan salah satu kader NU terbaik, Cak Imin untuk diusulkan sebagai pendamping Joko Widodo,” kata Sekjen PBNU Helmy Faisal Zaini di kantor PBNU, Jakarta Pusat, Sabtu, (04/08/2018).

Helmy mengakui kalau desas-desus soal keinginan para kiai NU menghendaki Cak Imin sebagai cawapres sudah lama berkembang. Namun baru kali ini menurutnya hal tersebut disampaikan secara resmi kepada PBNU.

Menanggapi keinginan para kiai kalangan Nahdliyin tersebut, Helmy memastikan Ketua Umum PBNU Said Aqil akan meneruskan aspirasi itu kepada Presiden Joko Widodo selaku petahana.

“Terhadap itu Pak Said Aqil Siradj menerima usulan dari para kiai, insyaAllah dalam forum yang tepat akan disampaikan ke Pak Jokowi,” sebutnya.

Saat dimintai keterangan apakah PBNU sudah mengusulkan nama lain diluar Cak Imin, Helmy tak banyak bicara. Ia hanya menegaskan kalau pertemuan dengan para Kiai NU se Indonesia tersebut hanya sebatas menerima masukan dan kemudian meneruskan aspirasi tersebut kepada Jokowi..

Disisi lain, KH Anwar Iskandar selaku juru bicara para kiai menjelaskan alasan mereka mendorong Cak Imin sebagai cawapres karena Indonesia disebutnya harus dijaga dari berbagai ancaman yang sudah lama mengintai.

Baca Juga:  Dugaan Korupsi Dana Kemah, Polisi Kembali Panggil Koordinator Jubir Prabowo-Sandi

Oleh karena itu maka mereka memandang kekuatan yang tepat untuk menjaga NKRI tersebut adalah dengan jalan menempatkan pemimpin yang nasionalis-religius di pemerintahan.

Para kiai juga menyebut diri mereka sebagai kekuatan religius yang akan bersama-sama kaum nasionalis dalam rangka untuk menjaga NKRI dari berbagai ancaman.

“Saya kira semua sudah tahu dan membaca bahwa ada ancaman terhadap eksistensi negara Republik Indonesia, ada ancaman terhadap national state, baik itu dari kekuatan radikal atas nama agama ataupun liberalisme dan sebagainya, tentu kiai-kiai tidak tinggal diam kalau sudah bicara keselamatan NKRI,” kata Anwar.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer