Connect with us

Elektoral

Saling Rayu Koalisi Demokrat-Golkar

JARRAK.ID

Published

on

Pertemuan antara Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan senior Partai Golkar sekaligus Wakil Presiden Jusuf Kalla (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Usai pertemuan antara Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan senior Partai Golkar sekaligus Wakil Presiden Jusuf Kalla, ada keinginan PD membentuk koalisi alternatif.

Menanggapi permintaan tersebut, Partai Golkar justru menawarkan balik Demokrat untuk bertemu Presiden Joko Widodo di Pilpres 2019.

“Soal koalisi altenatif, kami akan tetap konsisten menjadi koalisi pemerintahan Jokowi. Kami bertekad bulat untuk mendukung Pak Jokowi sebagai capres 2019,” kata Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan, Selasa, (26/06/2018).

Namun, menurut Ace, bukan berarti Golkar menutup pintu komunikasi dengan PD. Menurut Ace, Golkar dan PD bisa bersatu dalam koalisi untuk mendukung Jokowi.

“Itu bukan berarti menutup upaya komunikasi politik antara kami dengan Partai Demokrat. Jujur saja, kami ingin bersama Partai Demokrat kita sama-sama mendukung pemerintahan Jokowi agar lebih kuat dalam Pilpres 2019,” kata dia.

Menurut anggota DPR itu, hubungan antara Golkar dan PD tetap terjalin baik selama ini. Ace menyebut, dalam pagelaran Pilkada Serentak 2018 ini Golkar dan PD berkoalisi mengusung kandidat yang sama di sejumlah daerah.

“Hubungan antara Partai Golkar dengan Partai Demokrat sejauh ini sama sekali tidak pernah ada masalah. Kami sama-sama partai yang memiliki komitmen untuk bersama-sama membangun persoalan kebangsaan,” ungkap dia.

“Dalam beberapa daerah kami satu koalisi dalam Pilkada, contohnya Jawa Barat dan Jawa Timur serta beberapa daerah lainnya,” tambah Ace.

Diberitakan, Sekjen PD Hinca IP Pandjaitan menyebutkan bahwa pertemuan silaturahmi Lebaran SBY-JK diharapkan bisa membangun koalisi alternatif antara Golkar-PD dalam Pilpres 2019. Bagi Hinca, Golkar-PD sudah menjalin kerja sama di tingkat Pilkada 2018 di sejumlah daerah.

“Ada sejumlah daerah Demokrat bersama Golkar untuk Pilgub, di antaranya di Sumut, Jawa Barat, Jawa Timur juga di Papua. Karena baik SBY maupun JK keduanya dikenal sebagai sosok nasional yg lekat dengan kedua Partai tersebut. Pertemuan keduanya diharapkan makin membuat Golkar dan Demokrat makin mesra,” terang Hinca, melalui keterangan persnya.

Baca Juga:  Ngebet Jadi Cawapres Prabowo, Zulkifli Sedang Mainkan Strategi Ini

“Jika PDIP saat ini sudah ada koalisinya, begitu juga Gerindra, maka diharapkan pertemuan ini membuka peluang koalisi alternatif Golkar-Demokrat. Dalam politik tidak ada yang tidak mungkin,” pungkas dia.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer