Connect with us

Politik

Sah, Bawaslu Putuskan Sandiaga Uno Tidak Terbukti Berikan Mahar Rp1 Triliun

JARRAK.ID

Published

on

Ketua Bawaslu RI, Abhan (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Bawaslu akhirnya mengeluarkan keputusan resmi soal dugaan mahar politik yang diberikan Sandiaga Uno kepada PAN dan PKS untuk mengunci tiket cawapres Prabowo Subianto.

Dalam putusannya, Bawaslu menegaskan bahwa pemberian mahar politik oleh Sandiaga Uno tidak terbukti.

“Bahwa terhadap pokok laporan nomor 01/LP/PP/RI/00.00/VIII/2018 yang menyatakan diduga telah terjadi pemberian imbalan berupa uang oleh Sandiaga Uno kepada PAN dan PKS pada proses pencalonan Presiden dan Wakil Presiden tidak dapat dibuktikan secara hukum,” kata Ketua Bawaslu Abhan, dikutip dari keterangan tertulisnya, Jumat, (31/08/2018).

Abhan juga menegaskan bahwa tidak ditemukan pelanggaran pemilu dalam kasus tersebut. Dengan demikian, Sandiaga Uno dinyatakan tidak melakukan pelanggaran dan dibebaskan dari segala tuntutan.

“Bahwa terhadap laporan tidak ditemukan jenis dugaan pelanggaran pemilu yang dilanggar oleh terlapor,” kata Abhan.

Keputusan ini diambil setelah Bawaslu melakukan klarifikasi. Klarifikasi ini dilakukan dengan mengundang saksi dan pelapor.

“Setelah melakukan pemeriksaan kepada pelapor dan dua saksi Bawaslu melakukan kajian terhadap laporan yang disampaikan,” tuturnya.

Wakil Ketua Umum LSM Federasi Indonesia Bersatu, Frits Bramy Daniel, sebelumnya melaporkan dugaan mahar Rp 1 triliun ke Bawaslu.

Baca Juga:  Sering Kritik Jokowi, PDIP: Prabowo Saja Ngurus Perusahaannya Masih Bermasalah!

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Berita Populer