Connect with us

Bisnis

Rupiah Nyaris Tembus Rp15 Ribu, Demokrat: Jangan Sampai Rakyat Semakin Menderita

JARRAK.ID

Published

on

Ketua DPP Partai Demokrat, Didik Mukrianto (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Partai Demokrat meminta pemerintah segera melakukan langkah stabilitas nilai tukar rupiah yang hari ini sudah hampir mencapai Rp15.000 per dolar AS.

“Pemerintah harus segera mengambil langkah-langkah konkret untuk membuat rupiah stabil,” ujar Ketua DPP PD Didik Mukrianto, Selasa, (04/09/2018).

Tindakan pemerintah yang lambat menstabilkan nilai tukar rupiah diakui Didik akan berimbas terhadap berbagai sektor, termasuk stabilitas nasional.

Oleh karena itu kata Didik, jangan sampai persoalan ini semakin menambah penderitaan rakyat Indonesia.

“Jangan sampai kenaikan dolar ini rakyat yang akan menanggung derita dan menurunkan akses kesejahteraan rakyat. Ekses kenaikan dolar yang berkepanjangan sudah pasti akan membawa dampak besar kepada ekonomi riil dan khususnya kesulitan rakyat dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka,” tutur Didik.

“Di tahun politik ini pemerintah harus hati-hati mengelola negara ini termasuk ekonomi, bisa saja berbagai macam spekulasi muncul. Mudah-mudahan tidak ada penumpang gelap yang menambah panjang potensi keterpurukan rupiah ini. Kalau sampai terjadi krisis dan situasi kritis bukan hanya mengganggu proses demokrasi yang berhubungan dengan faktor elektabilitas tapi bisa menjadi permasalahan nasional yang lebih besar,” sambung Didik.

Seperti diketahui, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terus mengalami tekanan. Ini terjadi karena tingginya permintaan dolar AS untuk kebutuhan impor, dan yang paling tinggi dan menyebabkan defisit adalah impor migas.

Dolar AS parkir di level Rp 14.930 pada penutupan perdagangan hari ini. Presiden Jokowi hari ini juga telah mengumpulkan beberapa pejabat negara yang berhubungan langsung dengan sektor ekonomi untuk membahas permasalahan itu.

Baca Juga:  Gagal Paham Soal Sawit, Walhi Sebut PSI Partai Milenial Berwatak Kolonial

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer