Connect with us

Politik

Rezim Jokowi Belum Berhasil Laksanakan Lima Amanat Reformasi

JARRAK.ID

Published

on

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Rilis hasil survei Indo Barometer menunjukkan pemerintahan Joko Widodo belum berhasil melaksanakan lima amanat reformasi.  Hal tersebut berdasarkan hasil survei Indo Barometer  bertema, ‘Evaluasi 20 Tahun Reformasi’.

Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari mengatakan salah satu amanat reformasi yang paling banyak disoroti publik adalah belum dipenuhi pasca reformasi, yakni pengusutan kasus penembakan mahasiswa Trisakti dan penculikan aktivis.

“Sebanyak 46,6 persen menyatakan pengusutan kasus Trisakti dan penculikan aktivis belum terpenuhi. Sebanyak 18,1 persen menilai telah terpenuhi,” ujar Qodari di Hotel Harris, Jakarta, Minggu, (20/05/2018).

Amanat kedua, kata Qodari, adalah soal penegakan hukum secara adil. Sebanyak 46,4 persen responden menyebut hal tersebut.

Selanjutnya, Qodari menuturkan sebanyak 44,7 persen publik menilai pengusutan dan pengadilan kasus korupsi yang terhadap Soeharto dan para pengikutnya termasuk amanat reformasi yang belum berhasil dipenuhi juga.

Sebanyak 44,1 persen publik, kata Qodari, juga menyebut pengusutan secara tuntas kasus kerusuhan bulan Mei tahun 1998 belum terpenuhi sejak 20 tahun reformasi.

“Dan sebanyak 40,3 persen publik menilai pengurangan kesenjangan ekonomi antara kelompok masyarakat yang mampu dan kurang mampu belum terpenuhi,” ujar Qodari.

Di sisi lain, Qodari membeberkan ada empat tuntutan reformasi yang sudah terpenuhi. Pertama, sebanyak 36,1 persen menilai perluasan otonomi daerah telah terpenuhi. Kedua, sebanyak 31,7 persen menilai alokasi anggaran pendidikan minimal 20 persen sudah terpenuhi.

Sementara, ia berkata 36,1 persen publik menilai perekonomian sudah berpihak pada industri kecil menengah.

“Sebanyak 31,1 persen menilai hubungan antar lembaga negara yang mencerminkan semangat keseimbangan dan saling kontrol telah terpenuhi,” ujar Qodari.

Survei Indo Barometer dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia dengan 1.200 responden pada 15-22 April 2018. Margin of error survei tersebut kurang lebih 2,83 persen pada tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer