Connect with us

Daerah

Respon Aduan Masyarakat, PT Garam Siap Bereskan Masalah Sampah

JARRAK.ID

Published

on

Pertemuan antara direksi PT Garam bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumenep, Camat Kalianget, kepala desa serta tokoh masyarakat dalam rangka menyelesaikan masalah sampah di sekitar pemukiman warga pada Jumat, 20 Juli 2018 (Doc. JARRAK)

SUMENEP – JARRAK.ID – PT Garam (Persero) bergerak cepat untuk menyikapi aduan masyarakat soal sampah di sekitar pemukiman warga yang berdekatan dengan kantor PT Garam di Kecamatan Kalianget, Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pergaraman tersebut langsung menggelar pertemuan yang dihadiri oleh perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumenep, Camat Kalianget, kepala desa dan tokoh masyarakat di Kantor PT Garam Kalianget, Jumat, (20/07/2018).

Direktur Pengembangan PT Garam, Edward Hariandja mengatakan pertemuan tersebut untuk membangun komitmen bersama dalam mempercepat penyelesaian masalah sampah yang berpotensi mengganggu kesehatan warga sekitar.

“Selain itu, masyarakat tadi juga melaporkan masalah sampah yang sejak awal tidak kita amati. Artinya pada dasarnya PT Garam siap berkontribusi terhadap penyelesaian sampah yang dihadapi warga,” kata pria yang akrab dipanggil Edo itu kepada Jarrak.id ditemui seusai kegiatan pada Jumat, (20/07/2018).

(Doc. JARRAK)

“Kenapa? Karena itu berkaitan juga dengan kebiasaan masyarakat. Tadi Pak Hartono (Direktur Operasional PT Garam) sudah menunjukkan bahwa memang ada tempat sampah, tetapi masyarakat lebih senang lempar (sampah) ke sungai atau laut,” tegas Edo.

“Oleh karena itu yang kita perlu adalah komitmen bersama untuk melalukan edukasi dan kita sediakan sarananya,” sambung Edo.

Edukasi itu kata Edo paling mudah melalui keluarga. Keluarga induknya ibu. Makanya tadi sebut Edo, edukasi direncakan melibatkan ibu PKK.

“Kalau ibu sudah peduli maka dia akan mengajari anaknya untuk membuang sampah pada tempatnya. Dia akan mengajari anaknya untuk bagaimana bersikap bersih. Sehingga kalau semua sudah peduli maka lingkungan pergaraman disini akan bersih,” kata Edo.

Rencana Jangka Pendek

Untuk mempercepat penyelesaian masalah sampah, rencana jangka pendeknya kata Edo, PT Garam siap memfasilitasi pengangkutan sampah di dekat-dekat pekarangan warga satu minggu dua kali.

Baca Juga:  Data Polri: 40 Orang Meninggal Akibat Tsunami Pantai Anyer

“PT Garam juga menyiapkan sarana operasional. Sedangka mekanisme mengoperasionalannya bekerja sama dengan pemerintah daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup,” tegas Edo.

Selain itu, PT Garam akan melakukan pengadaan sarana tempat pembuangan sampah di masing-masing desa.

PT Garam kata Edo, juga siap menyediakan kontainer pembuangan dan desa dengan dana desa membuat angkutan sampah dari rumah ke kontainer (TPS).

“Ini bagian dari komitmen PT Garam untuk ikut serta membereskan masalah sampah. Jadi jika ada tudingan PT Garam tidak peduli sampah, itu tidak benar. Tetapi pada prinsipnya kita terbuka untuk semua masukan, karena itu akan berguna bagi kinerja perusahaan ke depan,” tandas Edo.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer