Connect with us

Daerah

Resmikan Wisata Desa Tirta Agung, Ini Harapan Bupati Bondowoso

MOH AIDI

Published

on

Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin saat meresmikan Wisata Desa Tirta Agung (Doc. JARRAK)

BONDOWOSO – JARRAK.ID – Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin meresmikan Wisata Desa Tirta Agung, di Desa Sukosari Kidul, Kecamatan Sumberwringin, Kabupaten Bondowoso, Jawa TImur, Sabtu, (13/04/2019).

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti, dan pemotongan pita oleh bupati, disaksikan Kadis PMD, Kadisparpora dan seluruh undangan yang hadir.

Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin sangat mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Desa Sukosari Kidul, dengan menggagas Wisata Desa Tirta Agung.

“Sukosari Kidul Hebat, Bondowoso Melesat,” tegasnya.

Selain itu, ia juga sangat mengapresiasi para pemuda yang mengelola Wisata Tirta Agung, yang tergabung dalam Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata).

“Pemuda sekarang adalah pimpinan masa depan, pemuda sangat potensial. Dalam sejarah msialnya Ashabul Kahfi, sahabat gua, seperti diceritakan dalam Al-Quran,” terangnya.

Bupati juga mengajak seluruh warganya, agar bangga menjadi masyarakat Bondowoso, dan tidak merasa kecil jadi warga Bondowoso.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Sekjen Kementan RI), Syukur Irwantoro menyarankan, agar wisata desa juga ditambah wisata agro organik.

“Buat wisata agro organik, misalnya holtikultura. Agar bervariasi, dan memberikan edukasi pertanian kepada masyarakat, khususnya agro organik,” katanya.

Ia menjelaskan, agar dua fisilitas utama wajib disediakan di tempat wisata. Yakni WC yang memadai dan bersih, serta musholla, karena mayoritas di Indonesia beragama Islam.

“Dua hal itu harus dipenuhi, agar wisatawan betah dan mau berlama-lama. Selain itu, juga agar sholat pengunjung tidak tertinggal,” ungkapnya.

Wisata Tirta Agung sendiri, dibuka pertama kali pada tanggal 3 April 2018, dan dibangun di tanah Kas Desa, dengan luas sekitar 3 hektar.

Advertisement

Populer