REKTOR UNIVERSITAS NEGERI MALANG MEMBUKA WEBINAR INTERNASIONAL JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI

3 min read

Malang, Jarrak.id | Dengan sistem peningkatan kuantitas fasilitas dan aktivitas berbasis teknologi digital di Indonesia saat ini sudah melesat cukup tinggi.

Sesuai dengan data Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bahwa Indonesia dinilai telah cukup mampu dalam menerapkan Industri 4.0. Oleh karenanya, dibutuhkan beberapa persiapan yang harus dilakukan pada elemen-elemen masyarakat, khususnya melalui dunia pendidikan. Pada tingkat pendidikan tinggi, institusi berkewajiban untuk memfasilitasi sivitas akademika guna mendukung pengembangan diri, baik secara individu maupun kelompok.

Keterampilan dalam merintis dan mengoperasikan bisnis pada diri sivitas akademika membutuhkan pendampingan dari sisi teori dan praktik agar aspek tersebut dapat terpenuhi secara optimal. Rangkaian proses dari produk diciptakan hingga sampai ke tangan konsumen dengan cara yang efisien merupakan hal penting untuk diperhatikan. Oleh karena itu, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang mengadakan International Webinar dengan tema Sustainable Supply Chain Management yang ditujukan untuk menjawab tantangan dalam mendidik dan meningkatkan wawasan generasi muda Indonesia yang siap berkompetisi di era industri 4.0.

Acara International Webinar ini berlangsung pada hari Selasa, 11 Agustus 2020 mulai pukul 10.00 WIB sampai selesai. Menurut ketua panitia Hanjar Ikrima Nanda sekaligus dosen jurusan Akuntansi FEB UM bahwa “kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan serta menginspirasi sivitas akademika Universitas Negeri Malang untuk melakukan penelitian dan pengabdian di bidang supply chain management yang pada saat ini terkena dampak covid 19”.

Kegiatan ini diikuti oleh banyak peserta, selain mahasiswa dan dosen Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang acara ini juga dihadiri oleh peserta dari luar instansi. Tidak hanya dari luar instasi saja, bahkan dari total ratusan peserta terdapat 45% peserta yang berasal dari berbagai negara di luar Indonesia.

Meskipun diadakan secara daring, acara ini tetap berlangsung meriah, dibuka langsung oleh rektor Universitas Negeri Malang Prof. H. Ahmad Rofi’udin sekaligus berpesan bahwa “acara ini tidak hanya sebatas pemaparan dan kegiatan bertukar informasi saja, namun acara ini dapat memberi solusi dan tindaklanjut kedepan sehingga kontribusi nyata dapat dirasakan oleh dunia usaha dan dunia industri secara langsung, hal tersebut tentunya ditujukan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat secara luas”.

Webinar ini menghadirkan keynote Speaker dan panelis dari berbagai negara, diantaranya adalah Dr.(c) Miguel Córdova (Pontificia Universidad Católica del Perú), Dr. Lakshmi Gandhan Sesha (Universiti Sains Malaysia), Prof. Dr. Md. Mamun Habib (School of Business, Independent University, Bangladesh) serta Dr. Ranjith P.V (CMS Busieness School) . Acara ini juga dipandu sebagai moderator acara oleh Associate Professor Dr. Daisy Kee Mui Hung (Universiti Sains Malaysia).

Tak lupa para panelis yang turut serta dalam acara ini seperti Dr. Rajesh Kumar Nair (SIES College of Management Studies), Camilo Pérez-Restrepo (Universidad EAFIT Colombia), Dr. Firdous Ahmad Malik (Babasaheb Bhimrao Ambedkar University, Lucknow), CSLP (Chairman of Expert Board of Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) serta Dr. Nurika Restuningdyah (Universitas Negeri Malang) dan Dr. Nofrisel, SE, MM (CEO PT. Dewata Freight International,Tbk).

Editor: GR

Pewarta: Sarjana