Connect with us

Politik

Reaksi Istana Pasca Netizen Sebut Pelepasan Mudik Bersama oleh Jokowi Palsu

JARRAK.ID

Published

on

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Foto: Istimewa)

JAKARTA – JARRAK.ID – Di dunia maya netizen sedang ramai-ramai menyebut bahwa kegiatan pelepasan mudik bersama di Terminal Baranangsiang, Bogor, Jawa Barat oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu sebagai kegiatan yang palsu alias settingan.

Pasalnya di dalam bus tidak terlihat banyak barang bawaan layaknya orang sedang mudik ke kampung halaman. Pihak Istana Negara pun memberikan tanggapan atas rumor tersebut.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengatakan bahwa pemberitaan dan isu yang menyebut pelepasan mudik itu palsu adalah bohong. Sebab Presiden Jokowi memang secara langsung melepas warga yang akan pulang ke kampung halaman.

Bahkan kata Bey, bus yang dipilihpun dilakukan secara acak, tidak ditentukan sejak awal. Bey mengaku keputusan pemilihan bus secara acak karena Presiden Jokowi tidak mau menghambat keberangkatan bus.

“Tidak ada pengaturan sama sekali, bus pun dipilih yang akan berangkat secepat mungkin. Presiden Jokowi tidak mau menghambat keberangkatan bus, sehingga pengambilan gambar hanya 10 menit,” ujar Bey, Senin, (18/06/2018).

Jika masyarakat masih tidak percaya, maka Bey mengimbau agar mereka bisa datang langsung ke terminal Baranangsiang dan mencari kebenarannya kepada kepala terminal. Sebab dalam video ini tidak ada pengaturan atau settingan sama sekali.

Bey menjelaskan, tidak ada penumpukan tas dalam video tersebut wajar karena Presiden Jokowi mendatangi masyarakat di dalam bus. Menurutnya, bisa jadi barang bawaan mereka terbatas ketika harus disimpan di bagian atas tempat penyimpanan tas.

“Karena memang kereta tidak menyiapkan bagasi khusus seperti di dalam bus,” ujarnya.

Netizen juga membandingkan kegiatan pelepasan mudik yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Dalam foto itu tampak memperlihatkan pemudik ramai dengan barang bawaan mereka. Situasi itu berbeda dengan yang tampak dalam potongan video pelepasan mudik bersama oleh Jokowi yang memperlihatkan tidak ada barang bawaan para pemudik.

Baca Juga:  Pakar Hukum: Penegakan Hukum KPK Hanya Sekedar untuk Memuaskan Publik

“Sekali lagi apa yang dilakukan Presiden Jokowi asli, bukan settingan,” tandas Bey.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer