Rayakan Kemerdekaan Ke- 73 Tahun, Begini Pesan Jokowi untuk Rakyat Indonesia

2 min read

JAKARTA – JARRAK.ID – Pada hari kemerdekaan Indonesia yang ke-73 ini Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat kepada seluruh rakyat Indonesia lewat akun Instagramnya. Dalam tulisan yang diunggahnya melalui Instagram Jokowi tersebut Jokowi juga berpesan agar seluruh elemen bangsa kembali merajut persatuan sebagaimana hal itu  dulu juga dilakukan oleh para pendiri dan perintis bangsa.

“Kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia hari ini, seraya mengingat kembali semangat persatuan Indonesia yang telah dibuktikan oleh para pendiri, perintis, dan pejuang bangsa,” tulis Jokowi pada Jumat (17/8/2018).

Mantan Wali Kota Solo itu menambahkan agar masyarakat saat ini juga mencontoh teladan dari para pendiri bangsa saat itu yang dengan suka rela melepas identitas suku, agama, ras dan golongan demi bersatu meraih kemerdekaan Indonesia.

“Saat itu, mereka (pejuang) menyingkirkan perbedaan politik, suku, agama atau golongan demi mewujudkan Indonesia Merdeka,” lanjut Jokowi.

Tak hanya itu, Jokowi mengatakan bahwa persatuan yang harusnya juga diterapkan di masa kini itu membawa sederet dampak positif bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Ia menyebut melalui persatuan akan lahir solidaritas dan kepedulian antar sesama.

“Dalam persatuan Indonesia itulah, para pejuang kemerdekaan menemukan solidaritas, kepedulian, dan juga semangat berbagi antar sesama anak bangsa.” Tuturnya.

Disisi lain, Jokowi menegaskan pentingnya persatuan anak bangsa akan dapat membawa Indonesia sebagai negara yang besar, maju, dan disegani oleh bangsa-bangsa lain di dunia.

“Jika bangsa Indonesia tetap bersatu, berbagi, dan peduli pada sesama anak bangsa, maka Indonesia bukan lagi hanya sekadar nama, atau gambar sederetan pulau di peta dunia, melainkan Indonesia maju, yang menjadi sebuah kekuatan yang disegani oleh bangsa-bangsa lain di dunia,” tutup Jokowi.