Connect with us

Daerah

Rangkaian Safari Ramadhan, BPI KPNPA RI-Polri Kunjungi Kediaman Habib Syech di Solo

JARRAK.ID

Published

on

Ketua Umum BPI KPNPA RI, Ramhad Sukendar bersama Kabag Deteksi Baintelkam Mabes Polri, Kombes (Pol) Budi Setiawan saat silaturrahmi ke kediaman Habib Syech Abdul Qodir Assegaf di Solo, Jawa Tengah, Rabu, 14 Juni 2018 (Doc. JARRAK)

SOLO – JARRAK.ID – Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara Pengawas Anggaran Republik Indonesia (BPI KPNPA RI) tahun ini menggelar Safari Ramadhan bertajuk ‘Safari Ramadhan BPI KPNPA RI dalam Rangka Cipta Kondisi Membantu Polri Mewujudkan Kamtibnas yang Kondusif.’

Dalam rangkaian Safari Ramadhan, Ketua Umum BPI KPNPA RI Rahmad Sukendar bersama Kepala Bagian (Kabag) Deteksi Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri, Kombes (Pol) Budi Setiawan mengunjungi kediaman Habib Syech Abdul Qodir Assegaf di Solo, Jawa Tengah, Rabu, (14/06/2018).

Dalam pertemuan tersebut, Habib Syech mengucapkan terima kasih atas kehadiran Ketua Umum BPI KPNPA RI dan perwakilan Baintelkam Mabes Polri yang sudah sudi untuk bersilaturrahmi ke kediamannya.

Habib Syech juga berpesan bahwa peran ulama dan umaro adalah memperjuangkan cita-cita pada pendahulu bangsa yang berupaya untuk selalu mewujudkan kuutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Ini tugas kita semua. Tentu dengan profesi yang berbeda-beda kita juga memiliki pendekaran yang berbeda dalam merawat keutuhan NKRI. NKRI harga mati harus tertanam dalam hati setiap warga negara sebagai wujud nasionalisme dan cinta tanah air,” kata Habib Syech.

Habib Syech juga bercerita bahwa dirinya dalam mensyiarkan ajaran-ajaran Islam melalui gema shalawat juga mengajak kepada warga masyarakat untuk senantiasa menjaga kerukunan.

“Kerukunan adalah modal paling dasar dalam menjaga keutuhan NKRI. Kerukunan akan menghindarkan bangsa kita dari perpecahan. Inilah salah poin yang selalu saya syiarkan ke berbagai daerah di Indonesia. Kita ingin spirit ajaran Islam juga mampu memberikan kontribusi positif dalam menjaga keutuhan NKRI,” tegas Habib Syech.

Ketua Umum BPI KPNPA RI, Rahmad Sukendar menegaskan bahwa pihaknya bersama Polri sengaja silaturrahmi ke kediaman Habib Syech untuk berdialog sekaligus mendoakan agar Indonesia terhindar dari konflik yang berpotensi memecah-belah anak bangsa.

“Apalagi dalam hitungan hari kita akan menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada) di 171 daerah di Indonesia. Situasi ini tentu saja membuat tensi politik sedikit lebih panas dibandingkan sebelumnya.”

“Oleh karena itu, melalui hikmah dan keistimewaan bulan Ramadhan kita bersilaturrahmi ke ulama-ulama untuk menyatukan komitmen dalam menjaga dan merawat keutuhan NKRI,” tegas Rahmad Sukendar.

Menurut Sukendar, Safari Ramadhan adalah rangkaian kegiatan religius yang diharapkan dapat berimplikasi positif terhadap situasi kehidupan Indonesia hari ini, esok, dan yang akan datang.

“Marilah kita jadikan mutiara hikmah Ramadhan untuk diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, terutama dalam menjaga Indonesia,” tandas Sukendar.

Sementara itu, Kombes (Pol) Budi Setiawan mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan-kegiatan BPI KPNPA RI yang berorientasi pada terwujudnya keutuhan NKRI.

Menurut perwira menengah Mabes Polri itu, BPI KPNPA RI selama ini masif melaksanakan kegiatan positif dengan kemasan berbeda, tetapi tujuannya menyatukan komitmen seluruh anak bangsa, sekaligus menyentuh kesadaran mereka untuk bersama-sama menjaga Indonesia.

“Safari Ramadhan BPI KPNPA RI adalah wujud nyata bagaimana nilai-nilai bulan suci ini dapat dijadikan ruh untuk bersama-sama memelihara dan berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia. Besar harapan, kegiatan seperti terus dilaksanakan pada masa-masa yang akan datang,” kata salah satu penerima BPI Award Tahun 2017 tersebut.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer