Connect with us

Elektoral

Putuskan Gabung Koalisi Presiden Jokowi, Demokrat Tak Berhasrat Rebut Kursi Menteri

JARRAK.ID

Published

on

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Syarief Hasan (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Partai Demokrat sudah memutuskan akan bergabung dengan koalisi pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Namun Demokrat menegaskan keputusan tersebut bukan karena Demokrat menginginkan kursi menteri.

“Kami kami tidak pernah mengincar jatah kursi, kami tidak pernah minta kursi, karena kami sadar itu adalah hak prerogatif presiden. Jadi kami jangan disamakan dengan partai lain,” kata Waketum PD Syarief Hasan kepada wartawan, Selasa (13/08/2019).

Syarief menegaskan keputusan Demokrat bergabung dalam pemerintahan karena didasari oleh kesamaan visi dalam membangun bangsa.

“Pertama kita chemistry-nya cocok apa enggak. Chemistry-nya dalam membangun bangsa cocok apa enggak. Programnya cocok atau tidak. Yang kedua, kebersamaan ada atau tidak di dalam. Koalisi kan harus kompak. Kita nyaman atau tidak di dalam (koalisi),” tutur dia.

Lebih lanjut Syarief mengatakan hingga kini belum ada pembicaraan secara formal dengan Jokowi terkait dukungan itu. Namun, dia mengatakan komunikasi informal terus dijalin.

“Secara formal belum ya. Tetapi dari hasil lobi-lobi kita kan komunikasi terus. Masuk tidak masuk, komunikasi harus tetap dijalin,” kata Syarief.

Komunikasi informal pun, kata dia, mendapat sambutan yang positif.

“Sangat positif, karena kebersamaan untuk membangun bangsa ini kan kita sepakati bersama, kan akan lebih bagus kalau kita bersama-sama membangun bangsa untuk kepentingan rakyat,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Kadiv Advokasi dan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengatakan partainya telah mengukuhkan diri mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia menyatakan PD siap memperkuat pemerintahan Jokowi di periode kedua.

Dukungan itu pun mendapat beragam sambutan dari parpol-parpol. Ada yang menyambut baik, namun ada juga yang menduga Demokrat mengincar jabatan di kabinet.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer