Connect with us

Berita

Proyek Gedung Perpustakaan Belasan Miliar IAIN Metro sudah Rusak Baru Berumur Jagung

JARRAK.ID

Published

on

METRO-LAMPUNG, JARRAK.ID | Pembangunan gedung perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN)Tahun Anggaran 2019 bersumber dari alokasi dana APBN yang di lelang melalui situs layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) Kementerian Agama dengan nilai Rp. 14.759.722.000,- hasil pembangunannya disinyalir tidak sesuai dengan spek dan bestek yang ada, pasalnya kondisi bangunan terlihat retak.

Pembangunan gedung perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN)Tahun Anggaran 2019 bersumber dari alokasi dana APBN yang di lelang melalui situs layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) Kementerian Agama dengan nilai Rp. 14.759.722.000,- hasil pembangunannya disinyalir tidak sesuai dengan spek dan bestek yang ada, pasalnya kondisi bangunan terlihat retak.

Dari pantauan awak media melalui situs LPSE Kementerian Agama proyek yang menelan anggaran Negara Miliyaran Rupiah tersebut merupakan produk tender ulang, Sabtu (28/3/2020).

Dari proses lelang yang di gelar pada tanggal 27 Juni 2019 tersebut ada 62 Perusahaan yang mendaftar sebagai peserta namun hanya 2 Perusahaan yang terlihat harga penawarannya yaitu Perusahaan PT PUBADOT JAYA ABADI dengan harga penawaran Rp. 12.451.079.289 dan harga penawaran Perusahaan kedua yaitu SARJIS AGUNG INDRAJAYA. PT dengan harga penawaran Rp. 13.549. 137. 116 dan dimenangkan oleh perusahan SARJIS AGUNG INDRAJAYA, PT walaupun harga penawarannya lebih tinggi dari perusaahan yang lainnya panitia lelang tetap memenangkan perusahaan tersebut.

Perusahaan pemenang beralamat di jalan Profesor A Majid Ibrahim 1 Nomor 10 Banda Aceh Kota Aceh.

Sebelumnya, pembangunan yang dimulai sejak 29 Juli 2019 dan berakhir pada tanggal 31 Desember 2019 itu molor dari target waktu penyelesaian sesuai kontrak yang berlaku.
Sehingga, PPK pembangunan Perpustakaan tersbeut memberikan kebijakan waktu 90 hari kedepan sejak bulan Januari 2020 kepada pihak ketiga yang mengerjakan bangunan yang kini sudah retak tersebut.
Kerusakan pada sejumlah titik bangunan tersebut diakui Penjaga gedung Perpustakaan IAIN Metro, Saiful Manaf.

Retak di dinding bangunan gedung Perpustakaan IAIN


Baru selesai dibangun, dinding bangunan gedung Perpustakaan IAIN Metro, retak. Sejauh ini, gedung tersebut diketahui belum digunakan karena baru saja rampung dikerjakan.

Sayangnya, management IAIN Kota Metro, belum bisa dikonfirmasi terkait kerusakan gedung yang menelan anggaran belasan miliar tersebut.
Editor: Effendi | GR

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer