Connect with us

Daerah

Program Lumbung Pangan di Sampang Mandek, Puluhan Masyarakat Audensi Dinas

ZAWAIDUL ANAM

Published

on

Sejumlah massa yang mengatasnamakan Mahasiswa dan Masyarakat Desa (MMD) saat lakukan audiensi ke Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sampang, Madua, Jawa Timur (Doc. JARRAK)

SAMPANG – JARRAK.ID – Sejumlah massa yang mengatasnamakan Mahasiswa dan Masyarakat Desa (MMD) lakukan audiensi ke Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Kamis (13/9/2018). Audensi tersebut dilakukan karena ada indikasi salah satu kegiatan Dinas Ketahanan Pangan yang dinilai tak berfungsi.

Ketua Umum Mahasiswa dan Masyarakat Desa (MMD) Sampang, Moh. Usman menjelaskan, ketahanan pangan memang dilakukan untuk menjamin ketersediaan pangan dan kemampuan seseorang untuk mengaksesnya.

“Sebuah rumah tangga dikatakan memiliki ketahanan pangan jika penghuninya tidak berada dalam kondisi kelaparan atau dihantui ancaman kelaparan,” ungkap Usman kepada Jarrak.id.

Aktivis yang pernah aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sampang ini juga mengungkapkan beberapa faktor yang menjadi indikasi tidak berfungsinya ketahanan pangan.

“Maksud kedatangan kami tidak lain hanya ingin mempertanyakan kegiatan yang dilakukan terkait Ketersediaan pangan tersebut, sebab anggaran sebesar Rp1 miliar kami menilai hanya berbentuk kegiatan serimonial saja yakni berupa sosialisasi dan pembinaan,” ungkap Usman.

“Padahal jelas anggaran fantastis tersebut seandainya digunakan untuk mengatasi masalah pangan ditiap-tiap kecamatan tentu sangat bagus sekali sehingga masyarakat Sampang merasa terbantu,” imbuh dia.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sampng, Ir. Wahyuni Yuliati, membenarkan bahwa lumbung pangan yang dibangun di beberapa desa tidak berfungsi. Meski demikian, pihaknya berjanji akan memaksimalkan lumbung yang sudah ada tersebut.

“Memang benar bahwa dari sekian lumbung ada sekitar 70 lumbung yang tidak berfungsi, tetapi kami akan mengupayakan untuk berfungsi semua, lewat sosialisasi” ujar Wahyuni.

Baca Juga:  Dituntut 1,5 Tahun, Ahmad Dhani Teriak Prabowo Menang
Advertisement

Berita Populer