Connect with us

Bisnis

Presiden Jokowi Segera Resmikan Tol Terpanjang di Indonesia

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan segera meresmikan ruas tol terpanjang di Indonesia, yaitu ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 185 kilometer. Ruas tol ini masuk dalam Tol Trans Sumatera.

Ruas tol ini akan menjadi yang terpanjang di Indonesia mengalahkan ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yakni 140,9 km, yang juga merupakan bagian dari jalan tol Trans Sumatera.

Ruas tol ini sebelumnya sudah digunakan fungsional pada mudik Lebaran kemarin. Untuk ruas Kayu Agung-Betung yang tersambung sampai ke Palembang sepanjang 33 km konsesinya dimiliki oleh pihak lain.

Jika keseluruhan ruas tersebut sudah rampung, maka dapat dipastikan Lampung-Palembang akan tersambung pada akhir tahun 2019. Ruas ini juga salah satu ruas prioritas yang digarap PT Hutama Karya (Persero), perusahaan pelat merah yang ditugaskan untuk membangun tol Trans Sumatera.

“Dengan demikian, selama 4,5 tahun terakhir ini Hutama Karya telah menyelesaikan Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang ±470 km,” ungkap Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo beberapa waktu lalu dilansir detikcom.

Per 2 Agustus 2019, ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang pembebasan tanahnya telah mencapai 95% sedangkan konstruksinya 99%. Sementara untuk Pematang Panggang-Kayu Agung, tanahnya sudah bebas 100% sedangkan konstruksinya sudah mencapai 97%.

Adapun, untuk Sumatera bagian utara yaitu ruas Medan-Binjai, Hutama Karya sudah menyelesaikan pembangunan seksi II dan III sepanjang 11 km. Sementara seksi I progres konstruksinya telah mencapai 91%.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer