Connect with us

Politik

Presiden Jokowi Minta Agus Rahardjo Cs Siap Terima Hasil Revisi UU KPK

JARRAK.ID

Published

on

Presiden Joko Widodo (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada pimpinan KPK, bahwa pemerintah tengah bertarung untuk memperjuangkan substansi-substansi revisi UU KPK yang diinisiasi oleh DPR.

“Perlu saya sampaikan, KPK lembaga negara, institusi negara, jadi bijaklah dalam kita bernegara. Mengenai revisi undang-undang KPK, itu kan ada di DPR. Marilah kita awasi bersama-sama,” katanya, di Hotel Sultan, Jakarta, Senin, (16/09/2019).

Melalui pengawasan pembahasan revisi UU KPK, menurut Presiden Jokowi, maka posisi KPK tetap kuat.

“Semuanya kita awasi agar KPK tetap pada posisi kuat dan terkuat dalam pemberantasan korupsi. Tugas kita bersama,” tegas Jokowi.

Karena itu, mantan Gubernur DKI Jakarta meminta Agus Rahardjo Cs bersikap bijaksana mengenai revsisi UU tersebut.

Apalagi kata dia, penyerahan mandat oleh pimpinan KPK kepada Presiden tak tercantum dalam UU KPK.

Presiden Jokowi mengatakan, pimpinan KPK hanya bisa melepas jabatannya jika mengundurkan diri, meninggal dunia, atau terjerat korupsi. Hal ini sebagaimana diatur dalam Pasal 32 UU KPK. “Tapi yang namanya mengembalikan mandat itu enggak ada,” tegasnya.

Selain itu, Jokowi menegaskan, sedari awal dirinya tak pernah meragukan pimpinan KPK yang tengah menjabat.

Menurutnya, kinerja KPK selama ini sudah baik. Mengenai rencana pertemuan dengan pimpinan KPK, ia mengungkap, dirinya sangat terbuka untuk hal tersebut.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer