Connect with us

Berita

PREMIER LEAGUE: PERNAH HAJAR MU 2-0, BURNLEY MALAH MAU BANGKRUT

JARRAK.ID

Published

on

BURNLEY-JARRAK.ID – ADA kabar buruk dari liga sepak bola tertua di dunia, Premier League alias Liga Inggris.

Sebuah klub yang kini berada di posisi 10 klasmen sementara Liga Inggris malah terancam bangkrut pada bulan Agustus 2020 mendatang. Klub itu bernama Burnly FC asal Kota Burnley.

Bagaimana kisahnya? Seperti dilansir Gilabola.com, Burnley yang kini menghuni urutan 10 klasemen Liga Inggris, pada hari Minggu (5/4) keluar dengan pengakuan mengejutkan bahwa mereka akan kehabisan uang untuk operasional dan gaji pemain pada bulan Agustus 2020 jika kompetisi Liga Inggris tidak dilanjutkan.

Padahal perjalanan klub ini dalam musim kompetsisi 2019-2020 ini cukup bagus. Bahkan sempat membuat heboh Liga Inggris karena pada Januari 2020 belum lama ini, Burnley sempat menghajar Manchester United 2-0.

Menurut catatan Jarrak.id, pemasukan klub-klub di Liga Inggris bergantung pada tiga hal yakni, pertama, pemasukan pendapatan dari tiket pertandingan kandang;

Kedua, pemasukan pendapatan dari uang hak siar televisi yang diterima dari operator TV pemegang hak siar (Sky Sports dan BT Sport); dan ketiga, pemasukan pendapatan itu berasal penjualan merchandise di hari pertandingan. Bila tidak ada pertandingan berarti tidak ada pemasukan sama sekali.

Bos tertinggi dari Burnley, Mike Garlick, mengaku bahwa klubnya akan kehabisan uang pada bulan Agustus nanti jika situasi buruk yang membayangi Inggris dan Eropa saat ini akan berlanjut. Sampai dengan awal April ini tidak ada tanda-tanda kondisi ini mereda. Tenggat waktu 30 April yang tadinya ditetapkan oleh otoritas Liga Inggris sebagai batas waktu untuk melanjutkan kompetisi, saat ini sudah diubah menjadi “tidak terbatas”.

“Faktanya adalah jika kita tidak menyelesaikan musim [secara sepantasnya dengan pertandingan-pertandingan] dan jika tidak ada kejelasan kapan musim depan akan dimulai, kami sebagai klub akan kehabisan uang pada bulan Agustus. Itu adalah fakta,” kata Mike Garlick.

“Saya tidak bisa ngomong soal klub-klub lain dan kondisi keuangan mereka masing-masing. Apa yang bisa saya ceritakan adalah klub kami dan kondisi keuangannya.”

Kata dia, “Itu sebabnya kami sangat, amat menginginkan – tentu jika segala sesuatunya aman – agar musim ini bisa berlanjut dan berakhir [secara sepantasnya].”

Sesuai catatan, sebelum musim kompetisi ini dihentikan pada pekan pertama Maret 2020, Burnley menduduki urutan 10 klasemen Liga Inggris. Ini kategori posisi yang cukup bagus, karena mereka berjarak 12 poin di atas zona degradasi dan empat poin saja dari enam besar klasemen. Faktanya adalah, The Clarets berhasil mempermalukan Manchester United dengan skor 2-0 pada laga tanggal 22 Januari lalu di Old Trafford.

Sayang, wabah virus corona (COVID-19) merusak prestasi dan impian skuad Burnley untuk mengapai hasil maksimal di akhir musim kompetisi ini.

Editor: Francelino

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer