Connect with us

Elektoral

Prabowo Sebut Suara Akan Dicuri, Ini Kata Bawaslu

JARRAK.ID

Published

on

Calon Presiden Prabowo Subianto (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menegaskan bahwa penghitungan dan rekapitulasi suara Pilpres 2019 akan dilakukan secara transparan.

Demikian disampaikan Bawaslu merespon pernyataan Prabowo Subianto bahwa dirinya harus menang sekitar 25%, karena ia yakin akan ada perolehan suara dirinya yang akan dicuri.

“Dan penghitungan rekap itu kan berjenjang. Di TPS kemudian direkap di PPK (panitia pemilihan kecamatan). Artinya apa? Kalau ada kesalahan hitung di TPS, bisa dikoreksi di PPK. Demikian juga ketika rekap di PPK ada kesalahan, bisa dikoreksi di rekap kabupaten, sampai kepada RI (pusat)” kata Ketua Bawaslu Abhan di Hotel Sari Pasific, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu, (06/04/2019).

Abhan menegaskan, ada tiga komponen yang akan dilibatkan dalam rekapitulasi perolehan suara; KPU, Bawaslu dan saksi peserta pemilu.

“Itu transparan, bisa dilihat. Pemantau pun ada di luar. Kalau dia melihat kecurangan, ada kesalahan, bisa sampaikan kepada kami. Kami akan melakukan koreksi, untuk koreksi dilakukan oleh KPPS dan jajaran KPU-nya. Jadi menurut saya itu adalah proses yang sangat terbuka,” ujarnya.

Abhan menjelaskan KPU menyediakan form C2 atau form keberatan catatan kejadian khusus dalam setiap penghitungan suara. Selain itu, fungsi pengawasan Bawaslu juga melekat untuk mencegah kecurangan.

“Kejadian khusus itu setiap tingkatan akan dibacakan kira-kira akan diselesaikan, diverifikasi, diklarifikasi. Di situlah fungsi-fungsi adanya saksi, fungsi pengawasan yang melekat di jajaran kami,” tuturnya.

Prabowo Subianto sebelumnya mengajak para pendukungnya mengawal kemenangan pasangan nomor urut 02 di Pilpres 2019. Dia mengatakan Prabowo-Sandiaga Uno harus menang dengan minimal selisih 25%.

“Kita harus menang dengan angka yang sangat besar. Kita harus menang dengan selisih 25 persen. Karena siap akan dicuri sekian belas persen. Hanya itu usaha kita,” ujar Prabowo di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat, (05/04/2019).

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer