Connect with us

Daerah

Polisi Sita Ribuan Bungkus Rokok Ilegal dari Warga Desa Bakeong Sumenep

HOLIDI

Published

on

Ribuan bungkus rokok ilegal yang diamankan polisi (Doc. JARRAK)

SUMENEP – JARRAK.ID – Aparat kepolisian dari Polres Sumenep menyita ribuan bungkus rokok ilegal atau tanpa cukai dari mobil Avanza yang dikendarai Moh. Farid bin Zainal (25), warga Desa Bakeong, Guluk-Guluk, Sumenep pada Sabtu, (03/08/2019) sekitar jam 22:00 WIB.

Pengungkapan kasus berawal saat Polsek Lenteng, Polsek Ganding dan Polsek Guluk-Guluk melakukan operasi gabungan dan mengamankan Farid dan melakukan penggeledahan di mobil yang dikendarai yang bersangkutan, dan menemukan ribuan bungkus rokok ilegal.

Farid dan mobil yang dikendarai kemudian diamankan dan dibawa ke Satreskrim Polres Sumenep.

“Pelaku sengaja membeli dan menjual kembali rokok ilegal untuk mencari keuntungan,” kata Kasatreskrim Polres Sumenep, AKP Tego S Marworo, Selasa, (13/08/2019).

Polisi juga mengamankan barang bukti berupa satu handphone, mobil merek Avanza dan 780 pres atau 7.800 bungkus rokok ilegal dengan rincian merek Dalill 6.600 bungkus dan merek Gran Max 1.200 bungkus.

Saat ini perkara tersebut dilimpahkan ke Dirjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Pelaku dianggap melanggar Pasal 54 dan Pasal 56 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 perubahan atas Undang-Undang Nomor 1995 tentang Cukai.

“Pelaku diancam pidana paling lama 5 tahun penjara dan 10 kali lipat dari nilai cukai yang harus dibayarkan,” tandas dia.

Advertisement

Populer