Connect with us

Other

Polisi Sebut Demo di Kedutaan Besar Arab Saudi Tidak Izin

JARRAK.ID

Published

on

JAKARTA – JARRAK.ID – Aksi unjuk rasa sejumlah kelompok LSM (lembaga swadaya masyarakt) di Kedubes Arab Saudi, Jalan HR Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan tidak memiliki izin

Aksi demo tersebut mengecam eksekusi terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI),  Muhammad Zaini Misrin.

Kanit Shabara Polsek Setiabudi, Kompol Budi Cahyono mengatakan, aksi unjuk rasa tersebut tidak memiliki izin. Pihak kepolisian mengawasi jalannya aksi tersebut secara persuasif.

“Ini demo dadakan dan tidak ada izin,”  kata Kompol Budi Cahyono, Selasa (20/03/2018).

Budi melanjutkan, pihaknya tidak akan melakukan pembubaran massa secara paksa jika aksi unjuk rasa tersebut berjalan dengan damai. Selain itu, untuk mengamankan aksi ini, satu pleton anggota kepolisian dikerahkan.

“Kalau tidak mengganggu, ya bisa ditoleransi ya,” papar Budi.

Meski begitu, Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah membantah jika aksi unjuk rasa yang digelarnya itu tanpa izin. Ia mengaku sudah melayangkan surat izin unjuk rasa ke Polda Metro Jaya.

“Sudah izin kok, cek aja ke Polda,” ucap Budi.

Diwartakan sebelumnya, Arab Saudi mengeksekusi mati Tenaga Kerja Indonesia (TKI) M. Zaini Misri asal Bangkalan, Madura. Karena itu, sejumlah aktivis buruh migran menggruduk Kedubes Arab Saudi, Jalan HR Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (20/03/2018).

Sejumlah massa yang berkumpul di depan Kedubes Arab Saudi mengerahkan sejumlah atribut bentuk penolakan hukuman mati. Mereka pun kompak berseragam hitam.

Zaini dieksekusi mati di tengah proses peninjauan kembali (PK) yang sedang diupayakan dari pihak RI. Zaini  ditangkap oleh otoritas Arab Saudi pada tahun 2004 atas tuduhan melakukan pembunuhan terhadap majikannya, Abdullah Bin Umar Muhammad Al Sindy.

Proses hukum berjalan selama 4 tahun, berujung vonis hukuman mati qisas yang dijatuhkan Pengadilan Mekah pada 17 November 2008.

Baca Juga:  Waw! Kebiasaan Main Ponsel di Atas Kasur Berakibat Buruk untuk Kesehatan

Namun, selama proses hukum berjalan, otoritas Saudi tidak memberikan Zaini Misrin akses kekonsuleran kepada KJRI dan KBRI di Arab Saudi, sehingga, menutup peluang bagi dirinya untuk mendapatkan pendampingan dan bantuan hukum yang optimal.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer