Connect with us

Daerah

Polisi Periksa Staf Kemendagri Soal Insiden Jatuhnya Ribuan e-KTP

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Zudan Arif Fakrulloh menegaskan saat ini Polres Bogor, Jawa barat sedang memeriksa staf Kemendagri dan sopir yang mengangkut ribuan e-KTP, yang jatuh dari Jalan Raya Salabenda, Semplak, Kabupaten Bogor.

“Saat ini permasalahan itu ditangani Polres Kabupaten Bogor dan rencananya pagi ini beberapa staf yang mengawal barang tersebut dan sopir akan diminta keterangan,” kata Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh melalui keterangan tertulisnya, Minggu, (27/05/2018).

Zudan menjelaskan, e-KTP itu terjatuh saat dalam perjalanan dari gudang penyimpanhan sementara di Pasar Minggu menuju Gudang Kemendagri di Semplak, Bogor, Jawa Barat.

Zudan mengklaim semua e-KTP yang jatuh itu sudah diamankan. “Semua e-KTP yang jatuh dari mobil pengangkut sudah diamankan bersama masyarakat dan dikembalikan ke mobil pengangkut untuk selanjutnya dibawa ke gudang penyimpanan di Semplak,” tutur Zudan.

Kendati demikian, menurut Zudan pihaknya belum bisa merinci secara detail berapa banyak e-KTP yang berceceran. Walaupun warga setempat sempat menyebut jumlahnya berkisar ribuan kepingan.

“e-KTP yang rusak atau invalid yang dibawa ke Semplak sebanyak satu dus dan 1/4 (seperempat) karung. Jumlahnya kepingnya tidak dihitung karena merupakan gabungan dari sisa-sisa pengiriman sebelumnya,” pungkasnya.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer