Connect with us

Daerah

Polisi Gerebek Pabrik Sabu Kualitas Internasional di Tangerang

JARRAK.ID

Published

on

Pabrik sabu rumahan di Cipondoh, Tangerang (Foto: Istimewa)

JAKARTA – JARRAK.ID – Aparat kepolisian dari Satuan Reserse Narkoba Polres Jakarta Barat melakukan penggerebekan terhadap sebuah pabrik pembuatan sabu di kawasan PerumahanMetland, Cipondoh, Tangerang.

Pabrik tersebut diketahui merupakan tempat pembuatan sabu dengan kualitas internasional.

Dalam penggerebekan itu, aparat turut mengamankan pemilik rumah sekaligus peracik dan pembuat sabu yakni AWP (56).

Terungkapnya pabrik sabu kualitas internasional ini menurut Kapolres Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi berdasarkan pengembangan kasus narkoba yang melibatkan seorang pengecer di wilayah Jakarta Barat.

“Ini sudah kita selidiki selama satu minggu di mana awalnya pengungkapan ini dari penyidikan seorang pengecer sabu yang kita tangkap,” kata Hengki dalam keterangannya, Kamis, (09/08/2018).

AWP sebenarnya tercatat pernah ditangkap Polres Jakarta Barat pada tahun 2010 silam. Namun ternyata setelah bebas menurut polisi dirinya malah semakin banyak menguasai ilmu soal narkotika.

“Begitu dia bebas, ternyata ilmunya semakin tinggi, kemudian dia menambah wawasannya membuat sabu dari internet,” ucap Hengki.

Mengetahui jika sabu buatan AWP tersebut punya kualitas baik, polisi pun lantas melakukan uji laboratorium. Ternyata hasilnya memang menunjukkan kalau sabu buatan AWP memiliki kualitas sama dengan sabu impor.

“Sabu ini mengandung metaphetamine yang lebih banyak dibanding dengan sabu impor. Jadi efek nge-fly dari sabu ini lain dari sabu biasa,” jelas Hengki.

“Bahan dasarnya dapat dengan mudah dibeli di pasaran. Mulai dari soda api, air keras, dan juga obat-obatan yang ada di apotik,” tambahnya.

Berdasarkan penyelidikan polisi, AWP telah memulai produksi sabunya itu sejak tahun 2017 lalu. Ia bahkan dapat memproduksi lebih dari 1 Kilogram sabu setiap bulannya.

Dalam penggerebekan ini, polisi menyita beberapa barang bukti, yakni 2,5 kilogram sabu siap edar, beberapa bahan dasar pembuat sabu mulai dari carian HCL, aseton, alkohol toluen, fosfor yodium, hingga neonapacine.

Baca Juga:  KPU Bondowoso Terima Logistik Surat Suara Pemilu 2019

Selain itu, pihak kepolisian juga turut mengamankan beberapa barang elektronik dan kendaraan milik tersangka.

Adapun sanksi yang akan dijatuhkan kepada sang residivis tersebut adalah hukuman mati.

“Pelaku kami jerat dengan Pasal 112 KUHP dan 114 KUHP tentang Narkotika dengan ancaman hukuman mati,” tutup Hengki.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer