Connect with us

Daerah

Polemik Kain Ihram Buatan China, Begini Kata Kemenag

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Kementerian Agama (Kemenag) membantah isu kain ihram yang digunakan jamaah haji Indonesia buatan China. Kemenag memastikan bahwa kain ihram asli buatan dalam negeri.

Sebelumnya, ada salah satu ekonom mengutip dari pemberitaan media menyebut bahwa kain ihram jamaah haji Indonesia diproduksi China.

Direktur Pengelolaan keuangan Haji dan Siskohat Ramadhan Harisman menepis isu tersebut. Ramadhan mengatakan jemaah haji laki-laki yang akan berangkat memang mendapatkan kain ihram, tapi bukan dari Kementerian Agama, melainkan dari Bank Penerima Setoran awal (BPS) Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Sedang untuk jemaah perempuan, mereka mendapatkan mukena.

Menurut Ramadhan, kain ihram yanh digunakan jamaah haji dibuat oleh pengrajin di Majalaya, Majalengka, Jawa Barat.

“BPS melakukan kontrak pembuatan ihram dengan pengrajin dari Majalaya dan Pekalongan. Pabrik tempat pembuatan kain ihram tersebut menggunakan benang nomor 12S,” kata Ramadhan, Kamis, (13/09/2018) dilansir detik.com.

Ramadhan menegaskan bahwa di lapangan memang ada kain ihram buatan China. Namun, Ramadhan memastikan, kain ihram yang diberikan Bank Penerima Setoran Awal ke jemaaah haji reguler, merupakan produk buatan dalam negeri.

“Tuduhan bahwa Kementerian Agama memberikan kain ihram buatan China kepada jemaah tidak sesuai fakta,” tutur Ramadhan.

Baca Juga:  PT Garuda Minta Pemerintah Bayar Avtur Pemberangkatan Haji Kertajati

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer