Connect with us

Elektoral

PKS Pertimbangkan Usulan Habib Rizieq Shihab Soal Koalisi Keumatan

JARRAK.ID

Published

on

Ketua DPP PKS, mardani Ali Sera (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mengatakan partainya sedang mempertimbangkan usulan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab yang meminta agar PKS, Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Bulan Bintang (PBB) membentuk koalisi keumatan.

Mardani mengatakan, usulan itu juga disampaikan Rizieq saat kedatangan rombongan PKS, di antaranya Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri, Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini, dan Anggota Komisi III DPR Aboe Bakar Al Habsyi di tempat yang sama saat menerima rombongan Prabowo dan Amien Rais cs.

Ada tiga poin penting kata Mardani yang dibicarakan antara rombongan PKS dan Rizieq Shihab di Mekah soal koalisi keumatan.

“Pertama kita menyepakati item-item besarnya, seperti apa sih platform dari koalisi ini. Jangan sampai yang terjadi adalah kita kumpul tapi tidak ada isinya,” kat Mardani di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, (06/06/2018).

Kedua kata Mardani, saat ini perlu juga menjajaki peluang koalisi dengan partai-partai pendukung pemerintah sebelum menetapkan bakal capres dan cawapres untuk diusung dalam Pilpres 2019 mendatang.

Ketiga, pembicaraan tentang masa depan koalisi keumatan akan diintensifkan pasca lebaran. Kendati demikian kata Mardani, kemungkinan besar deklarasinya akan dilakukan setelah Pilkada 2018.

“Iya niatnya habis Lebaran akan diintenskan. Kalau diumumkan sebelum pilkada itu akan baik buat pilkada kami,” kata Mardani.

Mengenai soal isu perpecahan antara PKS dengan Gerindra dan PAN saat mengunjungi Rizieq di Mekah, Mardani membantahnya. Menurut dia, keberangkatan rombongan Gerindra dan PAN dengan PKS berbeda. Perbedaan pemberangkatan itu bukan berarti karena ada perpecahan di dalamnya.

“Kemarin waktunya mestinya barengan. Tapi karena memang jadwalnya ustad Salim dan pimpinan PKS belakangan, monggo (Gerindra dan PAN) jalan saja dulu,” ujar Mardani.

Baca Juga:  Pengamat Sebut Poros Baru Pilpres 2019 Akan Rugikan Prabowo

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer