Connect with us

Elektoral

PKPI Wajib Lolos Pemilu 2019

JARRAK.ID

Published

on

JAKARTA- JARRAK.ID- Seperti diberitakan, Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) sejak awal dinyatakan oleh KPU tidak memenuhi persyaratan dokumen saat mendaftarkan diri.

Melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol), KPU menolak dua partai itu untuk menjadi calon peserta pemilu 2019. Akhirnya, mereka bisa mengikuti proses verifikasi setelah memenangi persidangan sengketa pemilu di Bawaslu.

Saat ini, PKPI yang dipimpin A.M. Hendropriyono menggugat KPU ke Bawaslu karena merasa dirugikan dalam pelaksanaan verifikasi faktual. Ketua Umum PKPI A.M. Hendropriyono sudah mengirimkan berkas permohonan penyelesaian sengketa tersebut ke Bawaslu pada hari Rabu, (14/02/2018). PKPI juga sudah menerima tanda terima berkas dengan Nomor 009/PS.PNM/II/2018.

Disebutkan, PKPI oleh KPU dinyatakan tidak memenuhi syarat di sejumlah kabupaten/kota di Papua, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Sejumlah persyaratan yang diverifikasi itu, antara lain, kepengurusan memenuhi 30 persen dari perempuan, kesesuaian nama pengurus dengan tanda pengenal dan Sipiol, serta domisili tetap kantor partai.

Setelah membaca berita acara yang dikeluarkan KPU Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Papua, PKPI menolak isi berita acara tersebut. Karena, menurutnya, hasil yang mereka muat di berita acara tidak sesuai dengan fakta-fakta di lapangan.

Bahkan, disebutkan ada petugas KPU daerah tertentu yang tidak mau melakukan verifikasi faktual ke kantor PKPI setempat. Menurut A.M. Hendropriono, partainya harus lolos peserta pemilu 2019.

Terpisah, partai peserta pemilu 2019 juga diikuti oleh partai lokal dari Aceh. Ada partai politik tingkat lokal di Aceh untuk memilih wakil rakyat di provinsi dan kabupaten/kota di Bumi Serambi Mekah itu.

Partai lokal itu adalah Partai Aceh, PDA (Partai Daerah Aceh), PNA (Partai Nanggroe Aceh), dan Partai SIRA (Suara Independen Rakyat Aceh). Partai lokal itu juga akan mendapatkan nomor urut untuk mengikuti Pemilu 2019.

Baca Juga:  Sandiaga Uno 'Terpaksa' Ucapkan Selamat Atas Terpilihnya Jokowi-Ma'ruf

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer