Connect with us

Berita

Pilbup Pacitan: Bakul Dawet Di Pelosok Desa Sangat Mengenal Sosok Bacalon Gagarin

JARRAK.ID

Published

on

Pacitan,www.jarrak.id- Arus dukungan masyarakat bawah kepada bakal calon Bupati Pacitan, Gagarin, sulit terbendung. Hampir seluruh strata masyarakat, baik kalangan elit, sampai bakul dawet dipelosok desa, sangat mengenal sosok politikus yang saat ini duduk sebagai wakil Ketua DPRD Pacitan tersebut.

Ketua Pro Jokowi (Projo) Kabupaten Pacitan, John Vera Tampubolon, mengatakan, popularitas Gagarin diakuinya ibarat gelombang pasang yang begitu besar.

Siapapun, entah dari kalangan birokrasi, pengusaha sampai masyarakat dipelosok desa, sangat mengenal sosok tinggi besar tersebut. “Dari ujung Barat sampai ujung Timur, dari ujung Utara sampai Selatan, sangat kenal dengan yang namanya Gagarin. Bahkan bakul dawet, tukang las karbit di gang-gang sempit, kenal dan paham dengan Gagarin,” ujar Jhon Vera menyampaikan hasil survei internal yang pernah dilakukan Projo, Jumat (3/7).

Yang paling diingat masyarakat, lanjut John, bahwa Gagarin dinilai paling punya akses ke pusat, dibandingkan bakal calon lainnya. Utamanya dengan Presiden Jokowi. Sebab saat masa kampanye pilpres lalu, Gagarin memang dipercaya sebagai Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Kabupaten Pacitan, pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

Berangkat dari historia politik itulah, masyarakat punya harapan besar seandainya Gagarin bisa terpilih sebagai Bupati Pacitan, akan banyak membawa perubahan bagi daerah, lantaran kuatnya akses dengan pemerintah pusat. “Projo bukannya mendukung Gagarin, atau partai politik manapun. Projo merupakan ormas, yang tidak ada korelasinya dengan dukung mendukung partai politik ataupun calon.

Kami hanya memberikan perimbangan, kalau aspirasi masyarakat memang menilai Gagarin yang dianggap punya akses kuat dengan pemerintah pusat. Itu yang mendasari mereka, sehingga punya harapan besar agar Gagarin bisa memimpin Pacitan,” tutur mantan anggota DPRD Pacitan masa bakti 1999-2004 ini.

Selain itu, John juga menyampaikan beberapa sampling pernyataan masyarakat bawah, yang banyak menyesali tidak memilih Jokowi saat Pilpres 2019 lalu. Sehingga ada anggapan, kalau Kabupaten Pacitan, akhirnya menjadi daerah yang “dikucilkan” oleh rezim pemerintahan saat ini. “Masyarakat sangat berharap, adanya perubahan di daerahnya. Tentu mimpi mereka akan bisa tercapai, kalau seandainya Gagarin yang akan menjadi pemimpin di Pacitan. Ini murni aspirasi masyarakat, yang tidak kami buat-buat. Sebab Projo juga punya kepentingan dalam rangka mencari perimbangan aspirasi,” jelasnya.

Dari hasil survey tersebut, John menegaskan, semua terpulang kembali ke masyarakat pemilih di Pacitan. Hanya saja, sebagai mata dan telinga Presiden Jokowi di daerah, Projo hanya bisa memberikan edukasi politik ke masyarakat, agar bisa lebih cerdas lagi dalam memilih figur pemimpin. Sebab nasib daerah akan dipertaruhkan lima tahun kedepan. (yun).

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer