Pesawat Lion Air yang Jatuh Diduga Milik Perusahaan China

1 min read

JAKARTA – JARRAK.ID – Kantor berita China News Service (CNS) secara mengejutkan merilis sebuah pernyataan soal insiden jatuhnya pesawat Lion Air jurusan Jakarta-Pangkal Pinang di perairan Karawang Jawa Barat beberapa waktu lalu. Pesawat Boeing 737 Max 8 yang jatuh diduga disewa Lion Air dari sebuah perusahaan investasi China.

Diwartakan Washington Post, dalam pernyataan yang dikutip CNS, China Minsheng Investment Group Leasing Holdings LTd. (CIMG) menyatakan bahwa perusahaan itu adalah pemilik pesawat yang jatuh tersebut dan menyewakannya kepada Lion Air. CIMG Leasing mengatakan sangat sedih dengan kejadian ini dan menjalin kontak yang erat dengan Lion Air, Boeing dan organisasi-organisasi lainnya.

Menurut perusahaan investasi itu, kegiatan penyewaan pesawat yang dilakukan melalui pihak ketiga adalah cara umum yang sering dilakukan agar maskapai memiliki pesawat yang besar.

Pernyataan yang dirilis CNS itu tidak ditemukan di laman resmi perusahaan dan sejauh ini belum ada keterangan langsung dari CIMG Leasing. CIMG Leasing adalah bagian dari grup raksasa CIMG yang memiliki bisnis di berbagai bidang termasuk logistik, energi dan kesehatan.