Connect with us

Daerah

Persiapan Asian Games Sudah Rampung, JARRAK Jakarta Puji Kinerja Pemerintah

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Perhelatan akbar olahraga antarnegara di kawasan Asia, Asian Games 2018, akan segera digelar di Indonesia. Pesta olahraga terbesar di  Asia tersebut akan dilaksanakan tanggal 18 Agustus-2 September 2018 di tiga provinsi, yaitu DKI Jakarta, Sumatera Selatan dan Jawa Barat.

Sekjen Jaringan Reformasi Rakyat (JARRAK) DKI Jakarta, Asep Irama mengapresiasi berbagai persiapan yang dilakukan pemerintah guna menyambut hajatan olahraga paling akbar di Asia tersebut. Salah satunya pembangunan infrastruktur pendukung seperti pembangunan Gelora Bung Karno, Stadion Jakabaring, wisma atlet, dan Light Rapid Transit (LRT) Palembang.

“Selain dampak ekonomi yang cukup signifikan dari berbagai pembangunan infrastruktur untuk Asian Games 2018, pada sisi lain ini menunjukkan komitmen pemerintah agar pelaksanaan Asian Games di Indonesia  tanpa catat. Sehingga publik harus mengapresiasi kinerja yang ditunjukkan oleh pemerintah,” kata Asep kepada Jarrak.id dikutip dari keterangan resmi pada Selasa malam, (14/08/2018).

Sekjen Jaringan Reformasi Rakyat (JARRAK) DKI Jakarta, Asep Irama (Doc. JARRAK)

Kendati demikian, kata Asep, pada sisi lain akumulasi dari perhelatan Asian Games tetap memberikan dampak ekonomi yang positif terhadap Indonesia. Di antaranya, meningkatkan sektor pariwisata, menciptakan lapangan kerja, dan mendorong pengembangan kota melalui pembangunan infrastruktur fasilitas olahraga.

“Selain jangka pendeknya untuk Asian Games, jangka panjangnya berbagai pembangunan infrastruktur baik infrastruktur, venue maupun non venue akan memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan dan kemajuan bangsa Indonesia. inilah salah satu entry point yang tidak boleh diabaikan publik,” terang alumnus Fakultas Hukum Universitas Bung Karno (UBK) Jakarta tersebut.

Asep juga menilai positif skema dan pola promosi Asian Games yang gencar dilakukan oleh pemerintah. Saat ini kata Asep, semua lembaga negara, termasuk TNI dan Polri gencar melakukan kegiatan promosi Asian Games, terutama di tanah air.

Baca Juga:  Nilai Tukar Rupiah Sentuh Rp14.459 Per Dolar, Jarrak: Jokowi Seret Indonesia Pada Pintu Krisis

“Asian Games merupakan hajatan besar dan prestisius bagi Indonesia. Dengan berbagai skema promosi yang dilakukan seluruh lembaga negara, harapan besarnya tentu mendapatkan animo yang luar biasa dari seluruh rakyat Indonesia.”

“Publikasi promosi marketing dalam pelaksanaan Asian Games harus juga didorong oleh gairah publik guna menyemarakkan event olahraga terbesar di Asia ini. Semua pihak dan seluruh lapisan masyarakat punya tanggung jawab moral untuk mensukseskan Asian Games,” kata Asep.

Dengan promosi besar-besaran, Asep optimis Asian Games di Indonesia akan mampu menarik simpati masyarakat.

Prioritaskan Keamanan

Asep juga meminta agar aparat keamanan memastikan keamanan di Indonesia. Sehingga para peserta Asian Games dari berbagai negara merasa aman.

“Kita ingin negara-negara peserta Asian Games meyakini bahwa Indonesia aman untuk dikunjungi dan kondisi keamanan sepenuhnya terkendali,” tambah Asep.

Asep kemudian menyebut tiga ancaman gangguan keamanan yang berpotensi terjadi selama pelaksanaan Asian Games, meliputi aksi terorisme, kejahatan jalanan (street crime) dan kemacetan lalu lintas.

“Ini harus menjadi perhatian Polri agar tiga potensi ancaman keamanan tidak terjadi. Karena kita sedang mempertaruhkan nama baik dan kehormatan bangsa. Oleh karena itu, Polri dituntut memberikan jaminan keamanan selama gelaran Asian Games berlangsung,” tegas Asep.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer