Connect with us

Politik

Perludem Tidak Yakin Prabowo-Sandi Bisa Buktikan Kecurangan Pilpres di MK

JARRAK.ID

Published

on

Ketua Perludem, Titi Anggraeni (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Ketua Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraeni pesimis kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno bisa membuktikan kecurangan dalam pelaksanaan Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi.

“Karena yang diperlukan (dalam sidang MK) adalah alat bukti untuk membuktikan dalil-dalil [yang diajukan] itu,” kata Titi di Jakarta, Sabtu, (15/06/2019).

Titi juga menilai perbaikan berkas permohonan yang diajukan Tim Hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno ke MK pada 10 Juni, lebih bemutu dibandingkan yang yang diajukan bulan Mei.

“Tetapi pembuktian akan sulit sekali,” kata Titi Anggraini.

Titi memberikan contoh sulitnya pembuktian itu, misalnya, dalam persoalan yang dimohonkan kubu 02 terkait kenaikan gaji yang dilakukan pemerintahan Joko Widodo.

“Apakah itu bukan bagian dari program [pemerintah]? Kan, sebenarnya itu bisa program saja,” kata Titi.

Bagi Titi, soal itu merupakan keuntungan Joko Widodo sebagai petahana karena dapat menyebarluaskan program-program kerjanya.

“Pemohon harus benar-benar membuktikan bahwa itu bukan bersifat programatik, melainkan sesuatu yang penuh dengan konteks elektoral dan kepentingan kontestasi elektoral,” kata Titi.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer