Connect with us

Berita

PERINGATI HARI LAHIR PANCASILA: LBH SURYA CANDRA BAGI-BAGI SEMBAKO

JARRAK.ID

Published

on

AMLAPURA-JARRAK.ID – LBH Surya Candra mempunyai cara tersendiri dalam memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juli 2020. Melihat kondisi masyarakat Karangasem akibat COVID-19, LBH Surya Candra dalam memperingati hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2020 dengan cara berbagi sembako di wilayah Kabupaten Karangasem, Bali.

Paket sembako itu dibagi kepada yang terdampak covid-19 khususnya para lansia dan beberapa masyarakat yang mengalami disabilitas. Dalam pembagian sembako ini Pendiri LBH Surya Candra I Gede Putu Suastika, SH, dalam perjalanannya turun ke masyarakat sesuai informasi dari beberapa Kepala Lingkungan dan Kadus benar-benar dimanfaatkan untuk berbagi atas rejeki yang diterimanya.

Misalnya di wilayah Kedesaan Tista ada seorang nenek yaitu Ni Luh Sura yang mengasuh cucunya yang berusia kurang lebih 5 tahun dan dua orang anaknya yang kembar dan mengalami keterbelakangan mental. Didampingi kepala wilayah seizin Kepala Desa Tista langsung turun ke lokasi.

“Inilah keberadaan warga kami dan sang nenek ini sedang kami upayakan juga dapat bantuan atau menjadi penerima manfaat berupa PKH. Anak ini ditinggal sang ibu sejak lahir,diasuh seorang neneknya dan bapaknya berusaha untuk bisa menghidupi dua adik, satu anak dan satu ibu, dengan menjadi buruh harian lepas di Singaraja,” ungkap Kelian Banjar Dinas Tista Tengah, I Wayan Mudrayasa.

Disisi lain Ketut Selamet Aryasa, Kepala Desa Tista, sangat mengapresiasi langkah-langkah LBH Surya Candra. “Trimakasih banyak bapak dan ibu yang sudah berbuat untuk warga kami dan mari kita bersama-sama bisa berbuat yang terbaik untuk umat,” ucap Kades Aryasa.

Di wilayah Batu Gunung, seorang nenek juga mengasuh anak-anaknya yang sudah dewasa namun mengalami keterbelakangan mental dan yang satunya mengalami sakit kulit.

Dan perjalanan Pendiri LBH SC saat dikonfirmasi oleh JBM.CO.ID bukan saja sampai di situ yang lebih miris lagi yaitu saat berada di Dusun Sukaluwih, Desa Amertha Buana yang juga didampingi rekannya yaitu I Wayan Sudiasta, seperti tidak percaya akan kenyataan yang ada.

Betapa tidak? Di usianya yang seharusnya hanya belajar dan bermain bersama temannya, namun I Putu Arsa Guna Wibawa harus berjuang bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, untuk bekal sekolah, untuk membeli lauk pauk. Dua tahun sudah sang bapak telah pergi untuk selama-lamanya dan sang ibu kini tak berdaya di pembaringan karena sakit keras.

Selain bekerja dia juga harus merawat ibunya, mengantar ke kamar mandi. Sang kakek dan nenek juga sudah sangat tua yang tak mungkin juga untuk bekerja.

Anak yang tangguh anak yang tak mau menyerah dan hanya menangis untuk dapat makanan bertahan hidup, tapi anak ini berjuang keras untuk menghidupi Ibu dan adiknya, Putu Arsa saat ini masih bersekolah di salah satu SD Negeri terdekat dari tempat tinggalnya dan sebentar lagi akan melanjutkan ke kelas VII atau tepatnya SMP dan adiknya Ni Kadek Ayu Kusuma Dewi akan naik ke kelas IV.

I Nengah Kenak hanya bisa berucap terimakasih atas bantuannya, kebutuhan makanan pokok dan sumbangsih lainnya dari anggota LBHSC. “Suksma banget pak nggih, tiang hanya ingin semoga ada pihak yang bisa membantu cucu tiang untuk biaya sekolahnya,” ungkapnya.

Di sisi lain Kepala Desa Sukaluwih I Wayan Seriasa mengatakan, ”Untuk ibu Ni Luh Sutarini sudah kami masukan dalam data penerima BLT Dana Desa, hal itu juga dibenarkan oleh Kepala desa Amertha Buana, I Wayan Suara Arsana. Ya,memang betul bahwa warga tersebut untuk saat ini sudah mendapatkan BLT DD.”

LBH Surya Candra membagi 33 paket sembako kepada masyarakat tidak mampu. “Saya secara pribadi benar- benar semakin dibukakan mata dan hati saya saat ini, Yach semoga anak-anak yang menjadi generasi penerus bangsa ini benar-benar bisa mendapatkan haknya sebagai bagian dari warga Negara Indonesia yang tercinta ini. Bisa mengikuti pendidikan layaknya anak-anak yang lainnya,saya tetap akan berusaha bantu anak-anak ini dengan menyisihkan sedikit rejeki yang diberikan OlehNya,” ungkapnya saat dihubungi JBM melalui telpone selulernya.

Penulis: Francelino
Editor: Jering Buleleng

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer