Connect with us

Daerah

Peringatan KPK Melalui OTT Kepala Daerah

JARRAK.ID

Published

on

JAKARTA-JARRAK.ID- Salah satu hal yang patut diapresiasi kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah kejelian dan langkah taktis dalam melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap sejumlah calon kepala daerah, terutama di tahun pemilu ini. Agus Rahardjo, Ketua KPK menyatakan bahwa pihaknya di tahun ini harus dikerahkan dan intens melakukan pemantauan pada seluruh gerak-gerik partai politik.

“Ini sebetulnya kita sudah mempelajari juga. Karena ada beberapa calon kepala daerah yang mau ikut kompetisi di Pilkada yang akan datang, padahal kita tahu persisi yang bersangkutan tidak lama lagi akan jadi tersangka,” ungkap Ketua KPK, Jakarta Selatan, Rabu (28/02/28).

Langkah yang coba untuk direalisasikan pada saat melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) memang dipelajari secara mendalam, supaya dugaan tidak hanya sebatas issu saja. Agus menyatakan bahwa OTT juga menjadi sinyal bagi masyarakat agar pilihan rakyat tepat sasaran.

Sambungnya, mengenai kasus korupsi harus valid terlebih dahulu sebelum KPK bergerak lebih lanjut melakukan OTT.

“Kita sudah diskusikan, apa tidak sebaiknya kita declare (Mengumumkan) saja supaya kemudian rakyat tidak salah pilih,” kata Agus.

Selain itu, Agus juga memaparkan bahwa sinyal yang sudah terekam oleh KPK bakal menjadi pengingat agar calon kepala daerah tidak main-main dengan dana rakyat. Salah satunya, kata Agus, adalah dana dalam APBD yang sejatinya merupakan amanah.

Pasalnya, Agus juga memberikan arahan kepada seluruh pihak politisi untuk berhati-hati dan berhenti melakukan tindak yang tidak wajar. KPK, sebut Agus, telah mengantongi berbagai informasi mengenai calon kepala daerah yang bakal maju ke pilkada nanti, terkait kasus rasuah dan segala tindak yang merugikan rakyat.

“Dan tidak tertutup kemungkinan daerah lain juga bisa nambah lagi kalau mereka tidak berhenti. Jadi ini peringatan keras bagi teman-teman, terutama incumbent yang kemudian melakukan kompetisi di pilkada yang akan datang,” jelas Agus.

Berikut beberapa penindakan secara langsung di tahun pilkada pekan ini. KPK sudah menetapkan tersangka lewat Operasi Tangkap Tangan, yakni antara lain Calon Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko, Calon Bupati NTT Marianus Sae, Calon Bupati Subang Imas Aryumningsih, Calon Bupati Lampung Mustafa, dan yang terakhir adalah Calon Gubernur Sultra Asrun.

Agus juga memperingatkan untuk selalu berdamai di tahun politik dan gunakan kampanye secara sehat.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer