Connect with us

Daerah

Peringatan Hari Pahlawan, Kalapas Sukamiskin Ajak Warga Binaan dan Petugas Lapas Menghormati Para Pahlawan yang Telah Berjasa

JARRAK.ID

Published

on

Kalapas Sukamiskin, Tejo Harwanto dalam peringatan Hari Pahlawan di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat (Doc. JARRAK)

BANDUNG – JARRAK.ID – Direktorat Jenderal Permasyarakatan Kemenkumham RI melaksanakan kegiatan bertajuk The Gathering of Heroes, dalam rangka menyambut Hari Pahlawan di berbagai Lembaga Permasyarakatan (Lapas), Rumah Tahanan (Rutan) dan Lapas Pembinaan Khusus Anak (LPKA) di Indonesia.

Kegiatan ini bertujuan untuk menggelorakan kembali semangat kepahlawanan dalam berbangsa dan bernegara, serta menumbuhkan dan menjalin kebersamaan antara warga binaan, keluarga, masyarakat dan petugas.

“Agar Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) menyadari definisi pahlawan secara luas, bahwa pahlawan bukan hanya mereka yang berperang dalam merebut kemerdekaan, tetapi juga orang di sekitar dalam kehidupan sehari-hari yang selalu memberikan semangat dalam menjalani hidup,” dikutip Jarrak.id dari Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Permasyarakatan Kemenkumham, Sri Puguh Utami kepada Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham di Indonesia, Sabtu, (10/11/2018).

Adapun kegiatan yang dipusatkan di Lapas Klas II B Pemuda, Tangerang, Banten ini rangkaian acaranya terdiri dari menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan dari Kakanwil Kemenkumham setempat, sambutan Dirjen PAS Kemenkumham melalui sambungan Skype ke berbagai Lapas di Indonesia, menyanyikan lagu-lagu kebangsaan, yang dilanjutkan dengan pentas seni dan panggung gembira yang melibatkan semua warga binaan dan para tahanan.

Bahkan dalam pentas seni juga dilaksanakan berbagai jenis perlombaan yang melibatkan para warga binaan, keluarga, masyarakat dan para petugas lapas itu terdiri dari Lomba membaca Puisi Kebangsaan, Lomba menyanyikan Lagu Kebangsaan, Kontes berpakaian ala pahlawan serta jenis perlombaan lain yang disesuaikan dengan masing-masing Lapas, Rutan dan LKPA.

Lapas Sukamiskin Ikut Meriah

Kemeriahan peringatan Hari Pahlawan yang diselenggarakan Dirjen Permasyarakatan Kemenkumham juga tampak di Lapas Klas I Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Para Warga Binaan terlihat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan itu. Bahkan para Warga Binaan juga menyimak dengan baik pesan-pesan moral yang disampaikan Dirjen PAS Kemenkumham, Sri Puguh Utami yang dilakukan melalui sambungan Skype.

Baca Juga:  Giliran Rutan Pondok Bambu yang Tolak Neno Warisman Berikan Tausiah Kepada Tahanan

Selain itu, Kalapas Sukamiskin Tejo Harwanto dalam sambutannya mengatakan bahwa rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam rangka menjalin hubungan baik antara petugas lapas dengan setiap Warga Binaan.

“Kegiatan ini salah satunya bertujuan mengeratkan hubungan antara petugas lapas dengan semua Warga Binaan. Jadi kita begitu berharap Warga Binaan mengikuti mekanisme dan pola pembinaan yang dilakukan para petugas lapas yang tentu saja rujukannya adalah aturan yang mengikat kita semua,” kata Tejo Harwanto dalam sambutannya, Sabtu, (11/11/2018).

“Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan agar semua Warga Binaan menyadari sepenuhnya bahwa banyak pahlawan -pahlawan dalam kehidupan sehari-hari yang turut berkontribusi dalam kehidupan kita, baik itu orang tua, teman dekat, rekan kerja dan yang paling penting adalah para petugas lapas yang dengan dedikasi tinggi untuk mengabdi kepada bangsa dan negara, mereka senantiasa ikhlas dan tulus dalam melakukan pembinaan, pelayanan dan pembimbingan kepada seluruh Warga Binaan tanpa terkecuali. Oleh karena itu, tidak keliru jika kita turut menghargai dan menghormati jasa-jasa mereka,” tegas Tejo.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Berita Populer