Connect with us

Daerah

Perbaiki Jalur Tengkorak di Ganding Sumenep, Ini Anggaran Fantastis yang Disediakan Pemkab

HOLIDI

Published

on

Kepala Bidang Pembangunan dan Peningkatan Dinas PU Bina Marga Kabupaten Sumenep, Harianto Efendi (Doc. JARRAK)

SUMENEP – JARRAK.ID – Jalan poros utama di Desa Ketawang Laok, Kecamatan Ganding, Sumenep yang menghubungkan dengan Kecamatan Guluk-Guluk sudah lama mengalami kerusakan yang sangat parah.

Bahkan warga sekitar memberikan tong dan pagar bambu, agar pengendara yang melewati jalan tersebut tidak mengalami kecelakaan.

Salah satu ruas jalan yang menghubungkan Kecamatan Ganding dan Guluk-Guluk yang rusak parah dan tak kunjung dilakukan perbaikan oleh pemerintah (Doc. JARRAK)

Warga sekitar mengatakan, warga sudah memberikan tanda di lubang tersebut berupa tong kecil agar pengendara yang melintas dapat berhati-hati.

“Tapi dampaknya pengendara roda empat harus bergantian untuk melintasi kawasan tersebut, karena tidak bisa jika dilalui secara bersamaan,” kata dia yang meminta identitasnya untuk disembunyikan kepada Jarrak.id, Senin, (26/03/2019).

Salah satu pengendara roda empat juga mengeluhkan kondisi jalan di atas jembatan yang rusak dan berlubang.

“Kalau begini mas, ya harus bergantian, Itupun kalau sempat melihat pengendara yang lain. Kalau tidak, resikonya bisa kecelakaan,” ujar dia.

Kepala Bidang Pembangunan dan Peningkatan Dinas PU Bina Marga Kabupaten Sumenep, Harianto Efendi menjelaskan, untuk jalan poros Ketawang Laok ke Jembatan Pangorai, dan Ketawang Laok ke Ketawang Larangan di tahun 2019 ini akan diperbaiki dengan menggunakan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Untuk jalan poros Ketawang Laok ke Jembatan Pangorai dianggarkan Rp 1,65 miliar. Sementara jalan poros Ketawang Laok ke Ketawang Larangan dianggarkan sebesar Rp1,05 miliar.

“Jadi total keseluruhan anggaran untuk dua poros jalan tersebut Rp2,7 miliar. Insyallah akan rampung tahun 2019 ini,” kata dia di ruang kerjanya, Senin, (25/03/2019).

Menurutnya, musyawarah DAK sudah selesai dilakukan. Hanya menunggu hasil pemenang lelang untuk mengerjakan proyek dua poros jalan ini.

Baca Juga:  Dana Kampanye Prabowo-Sandiaga Hanya Rp2 M, Koalisi Jokowi Ogak Komentar

Ditanya faktor apa yang menyebabkan jalan tersebut bisa rusak parah, Harianto juga tidak dapat memastikan faktor apa saja yang mengakibatkan jalan poros utama tersebut bisa mengalami kerusakan yang sangat parah.

Berdasarkan pantauan Jarrak.id sampai berita ini diturunkan, jalan berlubang di Jalan Raya Ganding-Guluk-Guluk sudah dilakukan perbaikan.

Sayangnya perbaikan hanya dilakukan dengan penambalan jalan yang berlubang. Padahal sekitar sepanjang 1,5 km masih dalam kondisi rusak parah hingga depan Kantor Kecamatan Guluk-Guluk.

Advertisement

Berita Populer