Connect with us

Daerah

Penyidikan Rampung, KPK Segera Adili Eks Dirut PLN Sofyan Basir

JARRAK.ID

Published

on

Mantan Direktur Utama PLN, Sofyan Basir (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan segera mengadili eks Dirut PLN, Sofyan Basir. Pasalnya, KPK sudah merampungkap tahap penyidikan kepada Sofyan basir. Sofyan Basir sebelumnya menjadi tersangka kasus suap proyek PLTU Riau-1.

“KPK telah menyelesaikan penyidikan kasus dugaan suap terkait kontrak kerjasama PLTU Riau-1 dengan tersangka SFB, Mantan Dirut PLN,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Selasa, (11/06/2019).

Menurut Febri, KPK akan segera menyiapkan berbagai kebutuhan dalam proses persidangan yang akan dilaksanakan di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat.

“Penyidik telah menyerahkan tersangka dan barang bukti pada Penuntut Umum, sehingga proses hukum berikutnya berada pada lingkup kewenangan JPU KPK (Pelimpahan Tahap 2),” kata Febri.

Penyidikan terhadap Sofyan telah dilakukan sejak 22 April. Setidaknya komisi antirasuah itu telah memeriksa 74 orang saksi dari berbagai unsur di antaranya pejabat PT PLN (Persero), Pihak PT Samantaka Batubara, Anggota DPR-RI, dan pihak lainnya.

Dalam kasus ini, Sofyan diduga menerima janji dengan mendapatkan bagian yang sama besar dengan terpidana Mantan Sekretaris Jenderal Golkar Idrus Marham dan Wakil Ketua Komisi VII, Eni Maulani Saragih.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer