Connect with us

Daerah

Penyelenggara Pemilu Banyak yang Meninggal, Kemenkes Beri Arahan Khusus ke Dinkes

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) melalui melalui Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan mengeluarkan surat edaran kepada Kepala Dinas Kesehatan hingga kepala Puskesmas, agar memfasilitasi KPPS dan PPK selama penghitungan suara Pemilu berlangsung.

Dalam keterangannya, Menteri Kesehatan Nila Moeloek turut prihatin atas musibah yang menimpa korban. Ia berduka atas meninggalnya anggota KPPS/PPK dan juga yang jatuh sakit.

”Kami turut prihatin dan berduka cita atas meninggalnya beberapa petugas penyelenggara Pemilu 2019, semoga keluarga yang ditinggalkan bisa sabar atas musibah ini,” katanya, Minggu, (28/04/2019).

Kementerian Kesehatan sudah membuat surat edaran nomor HK.02.02/III/1681/2019 tanggal 23 April 2019 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Bagi Petugas KPPS/PPK yang memerlukan pelayanan kesehatan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Surat edaran itu ditujukan kepada seluruh Kepala Dinas Kesehatan, Direktur Rumah Sakit, dan Kepala Puskesmas seluruh Indonesia.

”Kami mengimbau kepada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota agar berkoordinasi dengan KPU Daerah setempat untuk membantu dan memfasilitasi KPPS dan PPK yang memerlukan layanan kesehatan selama proses pemilihan umum berlangsung sampai berakhirnya proses pemilihan umum tahun 2019,” terangnya.

Pihaknya juga meminta kepada fasilitas pelayanan kesehatan (rumah sakit dan Puskesmas) untuk memberikan pelayanan kesehatan sebaik-baiknya kepada KPPS dan PPK yang memerlukan bantuan.

“Bagi kepala dinas kesehatan diharapkan dapat menyampaikan informasi ini kepada seluruh stakeholder terkait di wilayah kerjanya dan ditindaklanjuti,” tandasnya.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer