Connect with us

Other

Penjelasan Istana Soal Sandal Jepit di Open House Jokowi

JARRAK.ID

Published

on

Masyarakat terlihat mengenakan sandal jepit saat hadir dalam open house yang digelar Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jumat, 15 Juni 2018 (Foto: Istimewa)

JAKARTA – JARRAK.ID – Kejadian yang tidak biasa sempat terlihat di Istana Kepresidenan pada saat Presiden Joko Widodo menggelar open house pada Jumat, (15/06/2018) kemarin. Saat itu masyarakat Kota Bogor berbondong-bondong mengikuti open house Presiden Jokowi. Diantara banyaknya masyarakat yang hadir saat itu, terlihat seorang pria penarik becak yang memakai sandal jepit dan bercelana pendek. Hal ini membuat pihak istana merasa perlu memberikan klarifikasi.

Menurut tata tertib tentang peraturan memasuki istana kepresidenan, penarik becak yang memakai pakaian sehari-hari tersebut sudah jelas melanggar aturan.Tetapi, menurut Kepala Sekretariat Kepresidenan, Heru Budi Hartono menyatakan ada pengecualian saat momentum open house seperti kemarin.

“Hari lebaran kan hari spesial,” kata dia saat dikonfirmasi, Minggu, (17/06/2018).

Heru menuturkan, pada momentum lebaran seperti saat ini, Istana memberi kemudahan akses bagi masyarakat yang ingin masuk khusus di hari lebaran. Menurut Heru, masyarakat yang ingin bersalaman dengan Presiden Jokowi diperbolehlan masuk meskipun memakai pakaian yang mereka kenakan saat itu.

Alasan lain diperbolehkannya peserta open house menggunakan pakaian sehari-hari adalah lantaran masyarakat yang ingin masuk Istana juga sudah mengantre sejak pagi sehingga diberi kemudahan.

Kan ribuan (yang datang), dari berbagai kalangan. Apa adanya yang mereka gunakan,” ujar Heru.

Pada hari biasa, menurut Heru, peraturan tata tertib soal pakaian di istana kepresidenan benar-benar ditegakkan.

“Harus rapi, tidak boleh pakai jeans dan lain-lain,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, prosedur perihal pakaian yang diperbolehlan memasuki istana kepresidenan ini untuk pengunjung pria tidak diperkenankan memakai pakaian yang terbuat dari bahan kaus. Tetapi diharuskan memakai kemeja, bercelana panjang yang bukan jeans, dan bersepatu. Sementara itu, untuk perempuan diperkenankan mengenakan gaun yang panjangnya paling pendek sebatas lutut, blus berlengan, atau celana panjang.

Baca Juga:  'Ahok Tidak Akan Pindah Agama Karena Wanita!'

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer