Connect with us

Elektoral

Pengamat: Jokowi-Ma’ruf Seperti Amerika, Prabowo-Sandi Seperti Irak

JARRAK.ID

Published

on

Ketua Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Pengusaha tajir Erick Thohir resmi ditunjuk menjadi ketua tim sukses pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin utnuk Pilpres 2019. Pengamat politik Rico Marbun menyebut, penunujukan Erick membuat calon petahana menguasai ‘pertempuran udara’.

“Kalau melihat komposisi timses yang sudah lengkap dengan ketua, ini analogi Perang Teluk, Jokowi-Ma’ruf seperti Amerika Serikat dan sekutu. Sementara mereka ingin menjadikan Prabowo-Sandi seperti Irak,” kata Rico Marbun, Jumat (7/9/2018).

Rico menjelaskan, dalam perang, ada pertempuran udara dan teritorial. Terpilihnya Erick sebagai Ketua Timses Jokowi, bagi Rico, membuat koalisi Jokowi-Ma’ruf menguasai dua wilayah tersebut.

“Prinsip perang itu jika ingin menang harus memiliki kekuatan minimal 3 kali lipat dari lawan. Jadi Jokowi memastikan keunggulan dari sisi itu,” ujar Direktur Eksekutif Median itu.

Dikatakan Rico, ptempuran udara yang dimaksud dalam pilpres adalah ‘perang’ media. Posisi Jokowi di media akan jauh mengungguli Prabowo dengan diangkatnya Erick.

“Dalam konteks pilpres, serangan udara itu mirip dengan kedekatan dengan jaringan media. Dengan Erick Thohir masuk, setelah sebelumnya ada Surya Paloh (Ketum NasDem) dan Hary Tanoe (Ketum Perindo), artinya penguasaan serangan udara nyaris lengkap,” terangnya.

Namun begitu, penunjukan Erick sebagai ketua timses demi menutupi kelemahan Jokowi. Jokowi, disebut Rico, masih lemah pada pemilih menengah ke atas dan muda.

Pasalnya, kesuksesan Asian Games yang dipimpin oleh Erick sebagai Ketua Inasgoc akan jadi nilai plus sekaligus kelemahan Jokowi dalam kantong suara pemilih kelas menengah atas.

Manurut Rico, Jokowi cs harus tetap waspada terhadap taktik Prabowo-Sandi. Prabowo-Sandi, tambah Rico, bukanlah Irak yang bisa ditaklukkan Amerika.

“Bila ternyata Prabowo-Sandi itu bukan Irak, tapi lebih tepatnya seperti Vietnam, dengan mobilisasi total grassroot dan serangan hit and run tanpa henti, semua kecanggihan kekuatan bisa takluk juga,” pungkas Rico.

Baca Juga:  Amien-Prabowo Ketemu Rizieq di Mekah, JK: Pembicaraan Politik Tingkat Tinggi

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer