Connect with us

Politik

Penemuan Drone China di Laut Indonesia, DPR: Pemerintah Bisa Layangkan Protes!

JARRAK.ID

Published

on

Wakil Ketua Komisi I DPR, Satya Widya Yudha (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Wakil Ketua Komisi I DPR, Satya Widya Yudha mengatakan, pemerintah bisa melakukan protes kepada Kedutaan Besar China, menyusul penemuan drone di laut Indonesia yang diduga milik China.

“Kita punya UU Antariksa di mana space udara kita diatur. Drone laut diposisikan sama seperti pesawat tempur sehingga baik pemerintah maupun TNI harus mewaspadai itu. Kalau memang benar itu milik China pemerintah dalam hal ini Kemenlu bersama TNI juga bisa layangkan protes ke Kedutaan Besar China,” kata dia di Gedung DPR, Jakarta, Senin, (25/03/2019).

Menurut politikus Golkar ini, protes bisa dilayangkan pemerintah untuk meminta penjelasan dalam rangka apa drone tersebut berada di wilayah perairan Indonesia.

Satya menegaskan, sekalipun misalnya drone tersebut digunakan untuk kepentingan bisnis, maka kata dia, ada prosedurnya yang harus diikuti dan dipatuhi.

“Berkali-kali saya sudah katakan bahwa kita punya UU. Kita pun berkali-kali memergoki aktivitas itu. Jadi sangat berhak kalau Kemenlu bekerjasama dengan TNI untuk menanyakan ke negara yang bersangkutan,” pungkas dia.

Sebelumnya, Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang mengaku mendapatkan laporan hasil pemeriksaan yang dilakukan Sat Brimob Polda Kepri soal penemuan drone yang diduga milik China.

Baca Juga:  Aktivis HAM Tuding Jokowi Temui Peserta Aksi Kamisan untuk Kepentingan Pilpres Semata

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer