Connect with us

Daerah

Penelitian BPI KPNPA RI, Rahmad Sukendar: Kapolda Sumbar Pemimpin Inspiratif yang Dicintai Masyarakat

JARRAK.ID

Published

on

Ketua Umum BPI KPNPA RI, Tubagus Rahmad Sukendar (Doc. JARRAK)

JAKARTA – JARRAK.ID – Kapolda Sumatera Barat (Sumbar), Irjen (Pol) Fakhrizal dianggap sebagai sosok pemimpin yang memiliki kepedulian sangat tinggi terutama kepada masyarakat kecil, maupun anggotanya di lingkungan Polda Sumbar.

Demikian berdasarkan penelitian yang diselenggarakan Tim Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Republik Indonesia (BPI KPNPA RI) di 7 kabupaten/kota di Sumatera Barat (Sumbar) yang dilakukan sejak Februari 2018 lalu.

“Publik Sumbar memberikan apresiasi positif terhadap kinerja Irjen Fakhrizal, karena beliau tidak memposisikan diri sebagai pimpinan, tapi menempatkan diri sebagai mitra bagi seluruh jajaran di Polda Sumbar. Selain itu, Irjen Fakhrizal juga berhasil menjaga situasi kamtibnas di Sumbar. Ini prestasi yang luar biasa,” kata Ketua Umum BPI KPNPA RI, Rahmad Sukendar kepada Jarrak.id pada Sabtu siang, (14/07/2018).

Menurut Sukendar, Irjen Fakhrizal merupakan pribadi yang tegas terutama dalam penegakan hukum, baik kepada masyarakat maupun anggotanya yang dengan sengaja melakukan perbuatan melawan hukum.

Kapolda Sumatera Barat (Sumbar), Irjen Pol (Fakhrizal (Doc. Net)

“Karena beliau pernah menjadi Karo (Kepala Biro) Paminal Divisi Propam Mabes Polri. Pengalaman ini membentuk sikap beliau yang tanpa pandang bulu dalam melakukan penegakan hukum sesuai dengan Program Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya) Kapolri,” tegas Sukendar.

Menurut Sukendar, Irjen Fakhrizal juga gemar turun ke lapangan untuk mendengar, melihat dan menyikapi secara tegas dan cepat semua persoalan yang terjadi di wilayah hukum Polda Sumbar.

“Itulah sebabnya beliau begitu dihargai dan disayangi semua anak buahnya, termasuk para pejabat utama di lingkungan Polda Sumbar,” sambung Sumendar.

Sukendar mengungkapkan bahwa hasil penelitian juga menunjukkan jika masyarakat berharap Irjen Fakhrizal juga dapat melanjutkan estafet kepemimpinan untuk menjadi Gubernur Sumbar pada periode selanjutnya.

Baca Juga:  BPI KPNPA RI Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Selat Sunda

“Masyarakat beralasan karena beliau dekat dengan rakyat kecil, sering juga membantu masyarakat kecil. Termasuk beliau juga salah satu perwira tinggi berprestasi terutama selama menjadi Kapolda Sumbar,” kata Sukendar.

“Jarang seorang kapolda bisa seperti beliau yang membuka ruang untuk dapat dijumpai semua lapisan masyarakat,” sambung Sukendar.

Penelitian BPI KPNPA RI yang dilakukan dalam rangka Pelayanan Publik dan Kepuasan Publik terhadap kinerja  pelayanan anggota Polri terhadap masyarakat dilaksanakan sejak awal bulan Februari 2018 sampai dengan bulan Juli 2018.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer