Connect with us

Politik

Pemimpin Harus Jago Bahasa Asing, Anies: Supaya Tak Hanya Pandai Jadi Pendengar

JARRAK.ID

Published

on

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa pemimpin memang dituntut untuk menguasai bahasa internasional.

Hal itu menurut Anies sangat dibutuhkan agar pemimpin juga bisa berkomunikasi dan menyampaikan pidato, tidak sekedar menjadi pendengar.

“Saya menganjurkan para pemimpin bisa bahasa internasional agar di pertemuan internasional bisa berkomunikasi, bisa berpidato, kalau tidak, hanya menjadi pendengar,” kata Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (16/08/2019).

Indonesia kata dia, hanya banyak berbicara dalam berbagai forum internasional. Tetapi tegas dia, hal itu sulit dilakukan jika pemimpinnya tidak pandai bahasa internasional.

“Saya garis bawahi, kalau tidak bahasa internasional maka bisa minder di dunia internasional, cuma bisa jalan-jalan saja dan kemudian melihat internasional dijauhi. Jangan dong,” tutur Anies.

“Indonesia hadir untuk internasional, itu perintah pembukaan undang-undang dasar, terlibat di dalam membangun keterlibatan dunia,” tegas Anies.

Selain itu, Anies juga berpesan agar pemimpin yang melakukan kunjungan ke luar negeri tidak hanya menjadi pendengar atau sekadar jalan-jalan. Akan lebih baik jika mereka bisa ikut berkontribusi.

“Para pemimpin republik ini sejak awal itu melihat dunia setara, jangan minder sama dunia, seakan-akan dunia lebih besar ,tidak, datang kesana mewarnai justru penting,” ucap Anies.

“Tapi kalau jalan ke sana untuk jalan-jalan nah itu salah. Jalan berpidato menyampaikan pandangan menceritakan kemajuan Indonesia mengajak orang untuk datang ke sini itu penting,” tutur Anies.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer