Connect with us

Mancanegara

Pemerintah Israel Larang Pengungsi Suriah Masuk Wilayahnya Hanya Karena Alasan Keamanan

JARRAK.ID

Published

on

Ilustrasi (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Menteri pertahanan Israel, Avigdor Lieberman Jumat, (29/06/2018) kemarin mengatakan kalau negaranya tidak akan pernah memberikan izin bagi pengungsi Suriah untuk masuk ke wilayahnya. Avigdor juga menegaskan kalau nantinya ada bantuan kemanusiaan akan disalurkan melalui pihak lain. Demikian dikutip dari Middle East Monitor.

Ada sekitar 150 ribu orang lebih yang tinggal di barat daya Suriah nasibnya kini tidak jelas. Pasalnya, sejak pemerintah Suriah menggempur kawasan perbatasan dengan Yordania dan pengambil alihan dataran tinggi Gholan oleh Israel, mereka semua yang tinggal disana dipaksa untuk mengungsi.

Berdasarkan penuturan pihak militer Israel, mereka mengklaim kalau jumlah pengungsi Suriah yang saat ini tinggal di kamp pengungsian yang dibangun di Dataran Tinggi Gholan terus mengalami peningkatan. Dataran Tinnggi Gholan sendiri saat ini merupakan wilayah yang diduduki oleh Israel.

“Kami memantau peristiwa di selatan Suriah secara dekat. Kami akan mengawal kepentingan keamanan Israel. Meskipun demikian, kami juga siap memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga sipil, perempuan, dan anak-anak, tapi kami tidak bisa menerima pengungsi Suriah masuk ke teritorial kami,” demikian dikatakan Lieberman melalui akun Twitternya.

Cuitan Lieberman tersebut disampaikan hanya beberapa jam setelah militer Israel membuat pernyataan bahwa pihaknya telah mengirimkan bantuan kemanusiaan ke selatan Suriah untuk para pengungsi.

Sebelumnya, lebih dari dua juta warga Suriah mengungsi ke berbagai negara, salah satunya ke perbatasan Israel. Hal ini menyusul krisis yang terjadi di Suriah pasca perang saudara sejak tahun 2011 silam. Perang ini melibatkan kelompok oposisi bersenjata dengan pasukan pemerintah. Tujuan akhir perang saudara ini tidak lain adalah tumbangnya Presiden Bashar Al Ashad.

Baca Juga:  Arab Saudi Mulai Mesra dengan Israel, Ada Apa?

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer