Connect with us

Politik

Pemerintah Bongkar Dalang Aksi Rusuh 22 Mei, Fadli Zon Tak Terima

JARRAK.ID

Published

on

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Wakil Ketua DPR, Fadli Zon mengkritik keras sikap pemerintah yang membuka aktor yang dianggap menjadi dalang dalam aksi rusuh 22 Mei di Jakarta. Fadli menegaskan, informasi yang disampaikan pemerintah bisa menjadi bias dan cenderung subjektif.

“Harusnya lebih holistis. Jangan menjadi satu versi. Tentu kalau versinya versi pemerintah sangat bias,” kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, (11/06/2019).

Seharusnya kata dia, kalau memang pemerintah ingin mengedepankan penegakan hukum, maka harus dibentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) untuk menelusuri soal aksi rusuh tersebut.

“Seharusnya ada ada satu tim gabungan pencari fakta ya, seperti dulu 21 tahun lalu jg dibentuk TGPF terdiri dari civil society dan pihak yang terkait, stakeholder yang terkait,” ujar politikus Gerindra itu.

“Sehingga ada independensi dari tim ini untuk membongkar apa yang sesungguhnya terjadi dan kenapa sampai timbul korban jiwa, kemudian mungkin bisa dipelajari tentang siapa yang melakukan dan seterusnya,” lanjut Fadli.

Sebelumnya, Polri mengungkapkan sejumlah bukti-bukti dan perkembangan terkini terkait kerusuhan 22 Mei 2019. Dalam keterangan yang disampaikan polisi, juga disebutkan sejumlah aktor dalang kerusuhan. Mereka juga memperbarui data terkini mengenai jumlah korban tewas akibat rusuh 22 Mei. Disebutkan ada 9 korban tewas yang diduga merupakan perusuh.

“Polri sudah bentuk tim investigasi yang diketuai oleh Irwasum Polri untuk menginvestigasi semua rangkaian peristiwa 21-22 Mei termasuk juga sembilan… kita harus sampaikan bahwa 9 korban meninggal dunia kami duga perusuh. Penyerang. Diduga ya. Diduga perusuh,” kata Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal di gedung Kemenko Polhukam, Selasa, (11/06/2019).

Baca Juga:  Polisi Ciduk Pria Ancam Penggal Kepala Jokowi, Begini Respon Sandiaga Uno

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Berita Populer