Connect with us

Daerah

Pekan Depan, KPK Panggil Ulang Pakdhe Karwo

JARRAK.ID

Published

on

Mantan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diketahui akan menjadwalkan ulang pemeriksaan keada Soekarwo atau Pakdhe Karwo.

Pakdhe Karwo akan diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap Ketua DPRD Tulungagung Supriyono.

“Saksi Soekarwo nanti akan dikirimkan panggilan kedua, sesuai jadwal dan kebutuhan penyidikan. Paling cepat minggu depan,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Kamis (22/08/2019).

Menurut dia, KPK membutuhkan keterangan Pakdhe Karwo soal anggaran dan alokasi bantuan keuangan Jatim ke Tulungagung.

“KPK membutuhkan keterangan dan klarifikasi dari yang bersangkutan, untuk menjelaskan proses penganggaran dan alokasi BK (bantuan keuangan) provinsi ke Tulungagung,” ucapnya.

Supriyono ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap pengesahan APBD atau APBD-P Tulungagung 2015-2018. Penetapan tersangka ini merupakan pengembangan dari kasus eks Bupati Tulungagung Syahri Mulyo yang telah divonis 10 tahun penjara.

KPK menduga Supriyono menerima uang Rp 4,8 miliar selama periode 2015-2018 dari Bupati Tulungagung periode 2013-2018 terkait dengan pembahasan, pengesahan, dan pelaksanaan APBD dan/atau APBD Perubahan Kabupaten Tulungagung.

KPK menduga uang tersebut berasal dari Syahri Mulyo dan kawan-kawan sebagai syarat pengesahan APBD atau APBD-P. Supriyono diduga menerima uang tersebut secara bertahap.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer