Connect with us

Berita

PDIP Pacitan Datangi Mapolres, Sikapi Aksi Pembakaran Bendera Partai

JARRAK.ID

Published

on

Pacitan,www.jarrak.id- Kantor Kepolisian Resort (Polres) Pacitan, sejenak “memerah”. Itu setelah, kader dan simpatisan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) datang untuk bersilaturahmi dengan Kapolres Pacitan, AKBP Didik Hariyanto.

Juru bicara yang juga Bendahara Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP, Kabupaten Pacitan, Heru Setyanto, mengatakan, maksud kedatangan sejumlah pengurus PDIP dan anggota Fraksi PDIP, DPRD Pacitan ke Mapolres tersebut, semata-mata untuk menyampaikan rasa keprihatinan yang begitu mendalam atas aksi pembakaran bendera PDIP yang disatukan dengan bendera Partai Komunis Indonesia (PKI), oleh sekelompok orang yang sengaja ingin merongrong kedaulatan NKRI.

“Kami sampaikan rasa keprihatinan. Sebagai kader partai, kita punya rasa yang sama diseluruh Indonesia. Sebab marwah PDIP dilecehkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Aksi tersebut bertujuan untuk mengusik kekompakan PDIP. Karena itu kami terus berkoordinasi, langkah apa yang akan diambil. PDIP akan mellakukan aksi, menyikapi persoalan tersebut,” ujarnya, sesaat setelah bertemu Kapolres Pacitan, Jumat (3/7).

Namun begitu, khususnya di Pacitan, PDIP akan tetap menjadi pelopor kedamaian dan kondusifitas. “Kami (PDIP) akan melakukan aksi damai, tidak akan berbuat anarkis, namun bersilaturahmi dengan baik dan tetap menjaga kedamaian,” tutur Heru yang juga sebagai Ketua Komisi I, DPRD Pacitan ini.

Lebih lanjut, Heru menegaskan, PDIP akan berbuat semaksimal mungkin dalam menjaga kondusifitas di Pacitan. Agar kerukunan kehidupan berbangsa dan bernegara selama ini tidak diciderai. Terlebih saat ini, Kabupaten Pacitan tengah melaksanakan tahapan Pilbup serentak. “PDIP diseluruh nusantara menyampaikan pernyataan, tuntut pihak-pihak, siapapun itu yang terlibat dalam aksi pembakaran bendera PDIP, sesuai jalur hukum. Siapapun yang terlibat, harus diadili. PDIP, memegang teguh bahwa, Indonesia adalah negara hukum. Untuk itulah kami meminta kepada Bapak Kapolres Pacitan, agar pernyataan kami bisa disampaikan pada pimpinan yang lebih tinggi,” bebernya.

Pada kesempatan yang sama, Heru juga memberikan pemahaman kepada masyarakat luas, bahwa RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) masih bersifat rancangan dan belum final. “Yang namanya rancangan, masih akan di bahas di DPR. Sekali lagi, PDIP tidak akan merubah Pancasila. Sebab salah satu pencetusnya adalah Bung Karno. Jangan hasut pikiran rakyat,” tandasnya. (yun).

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer