Connect with us

Elektoral

PDIP Ogah Libatkan Ahok dalam Kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin

JARRAK.ID

Published

on

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat mengenakan jaket PDIP usai resmi menjadi kader (Doc. Net)

JAKARTA – JARRAK.ID – Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok resmi bergabung ke PDI Perjuangan. Kendati demikian, Ahok belum akan dilibatkan dalam kampanye Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

“Jangan terjebak pada ketergesa-gesaan. Kami berharap Ahok menggunakan waktu orientasi ini untuk merenungkan kultur politik Indonesia yang kompleks dan rumit,” kata Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno kepada wartawan, Jumat, (08/02/2019).

Hendrawan mengatakan, pihaknya masih akan mematangkan gaya komunikasi politik Ahok sebelum ikut dalam kampanye Jokowi.

“Tidak ada pembahasan khusus, kecuali ada harapan agar Ahok lebih matang dalam komunikasi politik. Memahami high-context culture Indonesia yang penuh kesantunan, unggah-ungguh, sarat simbol,” ujar Hendrawan.

Sekretaris Badan Pelatihan dan Pendidikan DPP PDIP Eva Kusuma Sundari menyatakan hal serupa. Menurut Eva, Ahok sudah ‘terlambat’ untuk didaftarkan sebagai bagian dari tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf.

“Kan sekarang sudah ditetapkan SK (surat keputusan) tentang panitia, juga tugas-tugasnya. Misal saya di TKN sebagai influencer dan media. Karena sudah ditetapkan, mungkin tidak ada SK susulan,” tuturnya.

Tepi kata Eva, pihaknya tidak bisa melarang Ahok jika memang mau mengkampanyekan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Kalau Pak Ahok berkenan berperan, siapa bisa menghalangi. Apalagi kalau kemudian wartawan-wartawan juga berinisiatif mengontak Pak Ahok karena sekarang kan sudah sebagai kader. Tapi menurutku Pak Ahok slow saja dulu, karena kan baru masuk. Perlu orientasi, memahami kultur organisasi, dan lainnya,” kata Eva.

“Tapi kalau peran yang spontan sih ya, nggak apa-apa saya pikir. Karena kan dia memang populer. Vlog-nya Ahok saja langsung tembus 2 jutaan pengunjung. Ini kan sebenarnya aset bagi PDIP,” imbuh dia.

Baca Juga:  PKS Pertahankan Sembilan Nama untuk Cawapres Prabowo

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Berita Populer