Connect with us

Elektoral

PDIP Jateng Lakukan Survei Internal, Elektabilitas Ganjar-Yasin Semakin Tak Terbendung

JARRAK.ID

Published

on

SEMARANG – JARRAK.ID – Setelah survei yang dilakukan oleh beberapa lembaga menunjukkan tren kemenangan pasangan Cagub-Cawagub Ganjar-Yasin, kini giliran PDI Perjuangan yang merilis hasil surveinya.

Survei dilakukan harian oleh tim internal DPD PDIP Jawa Tengah pada  tanggal 19 dan tanggal 20 Juni 2018. Dari survei yang dilakukan selama 2 hari tersebut, diketahui elektabilitas Ganjar-Yasin mengalami kenaikan, sedangkan elektabilitas pasangan Sudirman-Ida relatif stagnan dan tidak ada perubahan yang berarti.

Adapun metodologi survei yang dilakukan oleh tim internal PDIP Jateng adalah dengan teknik multistage random sampling dengan 700 responden. Penarikan sample dilakukan secara acak dan proporsional. Margin of error sebesar ± 3,8 persen dengan selang kepercayaan 95 persen.

“Penarikan sample dilakukan secara acak dan proporsional berdasarkan frame data base responden di tiga survei terakhir,” jelas Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto atau akrab disapa Bambang Pacul kepada wartawan, Jumat, (22/06/2018).

Dari survei yang dilakukan tim internal PDIP Jateng pada tanggal 19 Juni 2018, diperoleh data yang menunjukkan elektabilitas pasangan Ganjar-Yasin adapada kisaran angka 65,5%.Hasil ini jauh mengungguli pesaingnya, Sudirman-Ida yang hanya memperoleh suara 22,8 %. Sementara itu, 11,7 % responden menyatakan belum memutuskan atau rahasia.

Adapun survei yang dilakukan oleh partai berlambang kepala banteng ini pada tanggal 20 juni 2018, elektabilitas pasangan Ganjar-Yasin mengalami kenaikan di level 66,4 %. Sementara itu, rival nya yang juga mantan menteri ESDM, Sudirman Said dan Ida masih relatif tetap yaitu diangka 22,8 %. Sedangkan responden yang belum memutuskan berubah menjadi 10,8 %.

Selain beberapa survei tersebut, menurut Bambang Pacul, pihaknya juga melakukan simulasi tingkat elektabilitas. Hasil simulasi tersebut menunjukkan suara pemilih yang belum memutuskan dan rahasia terdistribusi normal.

Secara rinci, hasil simulasi yang dilakukan PDIP tersebut menunjukkan pasangan Ganjar-Yasin meraih 74,5 % suara dan Sudirman-Ida 25,5 %.

Dengan hasil survei internal PDIP yang menunjukkan tren positif bagi partai besutan Megawati ini, Bambang Pacul optimis paslon yang diusungnya akan memenangkan Pilgub Jateng pada 27 Juni nanti.

“Kalau trennya seperti ini dan tidak ada aksi yang cukup signifikan maka prediksi hasil akhir pilgub kira-kira di angka tersebut,” pungkas Bambang penuh keyakinan.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer