Connect with us

Elektoral

PDI-P Target 154 Kursi DPR pada Pemilu 2019

JARRAK.ID

Published

on

JAKARTA-JARRAK.ID-Usai Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-3 PDI-P, Wakil Sekjen PDI-P, Eriko Sotarduga mengabarkan bahwa partainya menargetkan 140 sampai 154 kursi di bagian DPR untuk pemilu 2019 mendatang.

Hal itu sudah dinyatakan dan penuh antusias bahwa target tersebut diusung atas dasar tren elektabilitas partai melalui hasil survey dalam setahun. Eriko mengungkapkan dengan tegas, elektabilitas PDI-P berada di kisaran 22 hingga 30 persen.

“Sekarang 109 kursi. Nah, itu minimal, di angaka itu, ya. Itu asumsi kita tanamkan dalam Rakernas, kalau kami bisa bekerja keras, bisa aja hal itu (mencapai 154 kursi) terjadi,” kata Eriko waktu Rakernas di Garand Inna Beach, Sanur, Bali, Minggu (25/2/18).

Tidak hanya berhenti di situ, Eriko juga membocorkan kriteria saat diminta menjelaskan siapa saja calon yang diusung oleh PDI-P.

Menurutnya, saat ini PDI-P tengah menyiapkan kriteria calon legislatif (caleg) sebagai pedoman dalam seleksi nanti. Sedangkan di antara kriteria yang sudah termaktub adalah harus berjiwa muda dan milenial.

“Kalau kata Ibu Megawati (Soekarnoputri) paling penting (kriterianya) untuk menghidari korupsi. Itu yang paling ditekankan. Kami masih susun,” papar Eriko.

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-3 PDI-P salah satunya fokus membahas tentang strategi pemenangan Jokowi dalam pemilu 2019 nanti. Setelah memutuskan bahwa Joko Widodo dikukuhkan sebagai Calon Presiden 2019-2024.

Hal itu juga sesuai dengan arahan Megawati Soekarnoputri untuk menentukan strategi pemenangan Jokowi pada Pilpres 2019. Karena itulah, Sakjen PDI-P, Hasto Kristiyanto mendeklarasikan kepada seluruh jajaran PDI-P baik pusat atau daerah untuk mengerahkan pasukan agar mampu memenangkan Jokowi di Pilpres tahun depan.

Di antara poin penting dari Rakernas ke-3 PDI-P ini adalah penguatan komunikasi kader dari level bawah hingga pusat. Jalinan komunikasi, lanjut Hasto, tentu saja tidak hanya antar kader PDI-P, melainkan dengan partai lain.

Baca Juga:  Prediksi Samai Amerika dan China, Jokowi Minta Pemuda Tahan Banting

“Seluruh jajaran partai bergerak tidak ragu menyusun agenda kemenangan, bagaimana kami membangun inisiatif, membangun dialog dengan partai lain. Agenda semuanya satu arah menjabarkan tindak lanjut penetapan Pak Jokowi sebagai capres. Kami harus menangkan pemilu serentak, bagaimana Pemilu Presiden kami siapkan sebaik-baiknya,” jelas Hasto.

 

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer