Connect with us

Bisnis

PB HMI Minta BUMN Serius Lakukan Riset Pengembangan Perusahaan

JARRAK.ID

Published

on

Diskusi BUMN bertajuk 'Kontribusi Riset Industri Strategis BUMN' yang dilaksanakan Bidang Kemitraan BUMN PB HMI pada Jumat, 19 Juli 2019 (Doc. JARRAK)

JAKARTA – JARRAK.ID – Ketua Bidang Kemitraan BUMN Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI), Romadhon mengatakan bahwa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang industri strategis kondisinya sangat memprihatinkan.

Romadhon kemudian mengajak seluruh kader HMI untuk bersama-sama mengawal perkembangan BUMN.

Pasalnya BUMN memiliki peran strategis dalam memajukan bangsa dan negara. Sehingga ia berharap, BUMN bisa dikelola dan dikembangkan secara profesional.

“Saat ini kondisi BUMN sangat memprihatinkan, bahkan banyak yang kinerjanya masih buruk,” kata dia dalam diskusi bertajuk ‘Kontribusi Riset Industri Strategis BUMN,’ pada Jumat, (19/07/2019).

Ia berharap BUMN punya badan riset yang hasilnya dapat dijadikan acuan dalam pengambilan kebijakan dan program perusahaan.

“Seharusnya BUMN memiliki riset yang konsen dalam pengembangan perusahaan, sehingga BUMN bisa membaca peluang bisnis yang mengakibatkan BUMN tidak selalu merugi,” tegas dia.

Sementara itu, Andi Hakim menegaskan jika masa depan BUMN sangat bergantung kepada kebijakan pemerintah.

“Sehingga HMI sebagai kelompok intelektual harus mampu memberikan kontribusi, salah satu bentuknya dengan menyumbangkan solusi (problem solver) bagi situasi yang sedang dihadapi BUMN,” kata Andi.

Menurut dia, HMI harus menyusun agenda lanjutan untuk terus memberikan perhatian khusus pada kinerja BUMN.

“Misalnya dengan melakukan riset-riset terkait persoalan yang sedang dihadapi berbagai BUMN,” tegas Andi.

Menurut Andi, kader HMI bisa juga memanfaatkan jaringan alumni agar hasil risetnya mampu dijadikan salah satu rujukan dalam pengembangan BUMN.

“Sehingga ke depan kita harapkan ada kader HMI yang memiliki kompetensi dan kemampuan akademik dan manajerial dalam pengelolaan BUMN,” tandas dia.

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer