Connect with us

Berita

Pasien Covid-19 Di Pacitan, Kembali Bertambah Tiga

JARRAK.ID

Published

on

Pacitan,www.jarrak.id- Kasus covid-19 conform di Pacitan, kian merajalela. Gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Pemkab Pacitan, kembali menyampaikan pengumuman adanya tiga orang tanpa gejala (OTG) yang akhirnya dinyatakan positif covid-19 hasil swab.

Ketiga OTG tersebut berasal dari Kecamatan Tulakan, Ngadirojo dan Sudimoro. Belum diketahui secara pasti, asal transmisi sebaran. Namun kuat diduga mereka berasal dari transmisi lintas daerah. Sebab satu dari ketiga pasien positif covid-19 tersebut, ada yang berasal dari Lampung, dan bekerja di Pacitan.

Sedangkan satu pasien lainnya, menurut hasil tracing, kuat ditengarai ada kontak erat dengan pasien positif covid-19 yang meninggal dunia. Yang bersangkutan, dikabarkan sebagai sopir pribadi dari pasien yang mangkat itu.

Sedangkan pasien asal Kecamatan Tulakan, kuat diduga juga pernah ada riwayat kontak erat dengan pasien covid-19 dari Kecamatan Sudimoro.

Ketiga pasien covid-19 conform tersebut, berjenis kelamin laki-laki, usia antara 40-50 tahun. Dua dari ketiga pasien itu, dikabarkan, bekerja disatu lingkup perusahaan plat merah.

Dengan adanya penambahan tiga pasien positif covid-19, saat ini jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Kabupaten Pacitan terekam sebanyak 666. Dipantau 19, selesai dipantau 646 orang dan meninggal dunia satu orang.

Kemudian pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 21 orang. Masih dalam pengawasan sebanyak 2, selesai diawasi 13, dan meninggal dunia 5 orang. Pasien positif covid-19 bertambah menjadi 27 orang, sembuh 11, dirawat 15, dan meninggal dunia satu orang.

Dalam keterangan persnya, Komandan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Pacitan, Indartato mengatakan, sangat prihatin atas pertambahan kasus covid-19 conform. “Hari ini ada penambahan tiga pasien covid-19 conform. Semuanya berasal dari klaster lokal,” ujarnya, saat menggelar jumpa pers di aula Pendopo Pemkab Pacitan, Rabu (1/7) malam.

Menurut Indartato, selama ini gugus tugas telah melakukan tracing sebanyak 2.716. Mereka kesemuanya telah melaksanakan rapid diagnotic test (RDT). Dimana sebanyak 78, atau sekitar 2,8 persen, diantaranya reaktif.

Lain itu, pria yang juga menjabat sebagai Bupati Pacitan ini menegaskan, untuk uji swab telah dilaksanakan sebanyak 568 kali dan yang positif ada 52 atau sekitar 9 persen (diantaranya ada yang 15 kali di swab). “Masyarakat Pacitan diharapkan tetap kedepankan protokol kesehatan. Sebab ini obat mujarab, untuk mencegah penularan covid-19. Masyarakat harus siap-siap. Sebab hanya peran lokal yang perlu dimaksimalkan agar covid-19 tidak kemana-mana,” harap Indartato.

Sementara itu hadir pada kesempatan jumpa pers, Wabup Pacitan Yudi Sumbogo, Sekertaris Kabupaten Heru Wiwoho Supadi Putro, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Pacitan, Trihadi Hendra Purwaka, Kepala Pelaksana BPBD Didik Alih Wibowo, juru bicara gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto, Kapolres Pacitan AKBP Didik Hariyanto dan Dandim 0801, Letkol Infanteri Nuri Wahyudi. (yun).

JARRAK.ID adalah portal berita daring yang konsisten dan terukur menyuguhkan informasi akurat. Mengabarkan fakta dengan berimbang tanpa menihilkan gagasan orisinil dan kritis. Setia menjadi platform bacaan publik.

Advertisement

Populer